Breaking News:

Yogyakarta

Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Bermotor di DI Yogyakarta Berakhir Juni 2021

Pemprov DIY mengeluarkan kebijakan penghapusan denda Pajak Kendaraan Bermotor dan pembebasan BBNKB sejak April 2020 hingga akhir Juni 2021.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
Tribunjogja/Yudha K
Ilustrasi pajak kendaraan 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah provinsi DIY telah mengeluarkan kebijakan penghapusan denda Pajak Kendaraan Bermotor dan pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan (BBNKB) sejak April 2020 kemarin.

Kebijakan ini akan berakhir pada akhir Juni 2021.

Maka dari itu, masyarakat yang terlambat membayarkan pajak kendaraannya, masih bisa mendapatkan keringanan denda hingga akhir bulan ini.

Kepala Bidang Anggaran Pendapatan, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY Gamal Suwantoro menyatakan kebijakan ini muncul sebagai respon pemerintah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang saat ini terdampak COVID-19.

Baca juga: Berpotensi Defisit, Pemda DIY Optimalkan Penyerapan Pajak Kendaraan Bermotor

"Sebenarnya posisi yang dilematis, di satu sisi pajak sebagai andalan karena PAD (pendapatan asli daerah) 80 persennya dari pajak. Tapi di sisi lain, beban masyarakat cukup berat," ujarnya Rabu (16/6/2021).  

Ia mengungkapkan, di tengah pandemi ini pemerintah daerah juga membutuhkan pembiayaan untuk pembangunan.

Apalagi ada beberapa kegiatan terkait penanganan COVID-19 yang membutuhkan pendanaan.

Maka dari itu, pemerintah mengambil jalan tengah dengan membebaskan sanksi denda.

"Kenyataannya, pajak memberikan kontribusi terbesar, kalau ini sampai dihapuskan sama sekali, maka sumber PAD dari mana? Maka kita ada kebijakan untuk pembebasan sanksi bunga dan denda, dengan harapan masyarakat masih mampu untuk memberikan kontribusi dalam membayarkan pajaknya," imbuhnya.

Adapun penghapusan sanksi denda ini tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Daerah Istimewa Yogyakarta nomor 101 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta nomor 26 tahun 2020 tentang penghapusan sanksi administratif pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor tahun 2020.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved