Breaking News:

Berita Kesehatan

Makanan yang Harus Dihindari Saat Menstruasi, Cegah Kembung dan Kram Perut

Periode menstruasi atau haid kerap kali diiringi dengan beberapa keluhan kesehatan yang amat menyakitkan

hellosehat
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Periode menstruasi atau haid kerap kali diiringi dengan beberapa keluhan kesehatan yang amat menyakitkan. Semisal kram perut dan kembung. Untuk meringankan efeknya, Anda bisa meminum suplemen atau obat khusus pereda sakit menstruasi. Pertanyaannya, adakah cara lain untuk meminimalisir sakit itu?

Jawabannya, ya.

Tahukah Anda bahwa beberapa jenis makanan dapat memperburuk keluhan kesehatan saat menstruasi. Dengan demikian, hindari makanan-makanan berikut supaya Anda bisa mengurangi sakit kram atau kembung ketika menstruasi ;

1. Camilan Manis

Dr. Alyssa Dweck, MD dan mitra Midol mengatakan bahwa camilan manis seperti cokelat, kue, dan es krim bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang dapat memperburuk keluhan kesehatan saat haid.

Untuk memuaskan hasrat gula tersebut, pilihlah makanan manis alami seperti sepotong buah atau gerimis madu ekstra dalam teh Anda.

Pada intinya, Anda bisa mengonsumsi makanan manis tetapi dengan pengaturan yang ketat atau dengan menggunakan pemanis yang tak meningkatkan kadar gula darah.

Tak haya camilan manis, Anda pun harus mengendalikan camilan asin seperti kentang goreng dan keripik.

"Ini selalu sulit, karena ngidam adalah umum. Jika Anda tidak bisa menolak, pertimbangkan penggunaan obat untuk mengurangi risiko keluhan kesehatan," katanya.

2. Alkohol

Halaman
1234
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved