5 Fakta THR PNS 2021 yang Segera Cair ke Rekening Anda, Tanpa Tunjangan Kinerja dan Tak Semua Dapat

Kabar baik untuk para anggota Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI dan Polri. Pemerintah memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) akan turun di tahun ini.

Penulis: Bunga Kartikasari | Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Timur
Ilustrasi THR PNS dan pensiunan 2020 segera cair 

TRIBUNJOGJA.COM - Kabar baik untuk para anggota Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI dan Polri. Pemerintah memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) akan turun di tahun ini.

Selain mereka, pensiunan, penerima pensiun dan tunjangan juga akan mendapatkan THR.

Diketahui, Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemberian THR dan gaji ke-13 telah diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu, 28 April 2021.

Aturan itu tertuang dalam PP Nomor 63 tahun 2021 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2021.

Ilustrasi THR
Ilustrasi THR ((Shutterstock))

Kemudian, Kementerian Keuangan juga telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 42/PMK.05/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2021 yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Untuk Anda yang sedang menunggu THR dari pemerintah, harap bersabar. Simak dulu 5 fakta THR tahun 2021 yang mungkin menjadi kabar baik untuk Anda.

1. Cair Mulai H-10 Lebaran

Pemerintah akan memberikan THR untuk PNS secara bertahap. Pencairan THR akan dimulai H-10 hingga H-5 Idul Fitri 2021.

"THR ini akan dibayarkan mulai 10 hari kerja sebelum Hari Raya Idul Fitri," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (29/4/2021).

Jokowi menjelaskan pemberian THR ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan konsumsi dan daya beli masyarakat.

THR diharapkan menjadi daya ungkit perekonomian nasional, sehingga pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 dapat lebih cepat dilakukan.

Baca juga: Berapa Besaran THR untuk Pensiunan PNS? Berikut Daftar Rinciannya

Baca juga: Disnakertrans DIY Deteksi Dini 56 Perusahaan Terkait Kewajiban Pembayaran THR

2. Alokasi Anggaran Rp 30,8 triliun

Pemerintah telah mengalokasikan anggaran Rp 30,8 triliun untuk Tunjangan Hari Raya (THR) pada tahun ini.

Total THR tersebut dibagi dalam tiga kelompok. Untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian dan Lembaga, TNI dan Polri sebesar Rp 7 triliun.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved