Breaking News:

Penting, Inilah 7 Hal Buruk yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Kurang Asupan Sayur dan Buah

Jangan sepelekan untuk mengonsumsi buah dan sayur. Jika konsumsi sayur dan buah anda kurang maka ada hal buruk yang bakal terjadi pada tubuh Anda.

medicalnewstoday.com
Ilustrasi 

Tribunjogja.com- Jangan sepelekan untuk mengonsumsi buah dan sayur. Jika konsumsi sayur dan buah anda kurang maka ada hal buruk yang bakal terjadi pada tubuh Anda.

Ya, mengonsumsi buah dan sayur penting jika Anda ingin tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit menakutkan. 

Sebuah penelitian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menunjukkan bahwa hanya satu dari 10 orang dewasa yang mengonsumsi tiga porsi sayuran dan dua porsi buah-buahan yang direkomendasikan.

Rujak Buah dan Granita Markisa
Rujak Buah dan Granita Markisa (instagram @masterchefina)

Jadi apa yang bisa terjadi jika kita kurang makan buah dan sayur? Dilansir dari The Healthy, berikut ini 7 efek buruk kurang makan buah dan sayur.

1. Menyebabkan masalah pencernaan

Tanpa buah dan sayuran, kita lebih rentan terhadap penyakit pencernaan seperti sembelit, wasir, dan divertikulosis.

“Buah dan sayuran mengandung selulosa, yang meningkatkan berat feses, memudahkan pengeluaran, dan mengurangi waktu transit,” jelas Laura Moore, RD, ahli diet yang terdaftar di University of Texas Health Science Center di Houston School of Public Health.

Selain itu, buah dan sayur mengandung serat yang menurut Moore bisa membantu meringankan atau mencegah sembelit, menstimulasi otot-otot saluran gastrointestinal sehingga bisa mempertahankan kekuatannya dan menahan tonjolan keluar ke dalam kantong yang disebut divertikula, dan mengurangi tekanan pada usus bagian bawah, yang pada akhirnya mencegah wasir.

Sebuah studi dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat, yang disediakan buah-buahan dan sayuran, mengurangi risiko divertikulitis.

2. Risiko terkena kanker meningkat

Halaman
1234
Editor: Rina Eviana
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved