Breaking News:

Kabupaten Kulon Progo

Pemerintah Larang Mudik 2021, Dishub Kulon Progo Tunggu Regulasi Pengawasan Lalu Lintas dari Pusat

Dishub Kulon Progo masih menanti regulasi terkait pengawasan lalu lintas pasca-pemerintah pusat resmi mengumumkan larangan mudik lebaran 2021

ist
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Dinas Perhubungan (Dishub) Kulon Progo masih menanti regulasi terkait pengawasan lalu lintas pasca-pemerintah pusat resmi mengumumkan larangan mudik lebaran 2021 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kulon Progo, L Bowo Pristiyanto mengatakan pihaknya akan mengkoordinasikan dengan Dishub DIY terkait pengawasan lalu lintas tersebut. 

"Biasanya nanti kami diundang Dishub DIY ada forum lalu lintas yang membahas hal itu. Ada semacam kesepakatan-kesepakatan di pintu perbatasan antar kabupaten/kota.

Sekarang ini belum dikoordinasikan karena masih menunggu aturan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub)," tuturnya, Minggu (28/3/2021). 

Selain itu, pihaknya akan menyesuaikan kebutuhan personil yang dipersiapkan untuk mengawasi pergerakan lalu lintas pada lebaran nanti. 

"Biasanya kalau lebaran diperkirakan 30-40 personil dikerahkan. Seperti lebaran tahun lalu yang dilakukan secara 2 sif. Tapi untuk tahun ini kita lihat perkembangannya dan dinamika terakhir seperti apa," ucapnya. 

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021, Bupati Gunungkidul Minta Warga Bersabar

Baca juga: APPBI DI Yogyakarta Sayangkan Adanya Aturan Pelarangan Mudik Lebaran 2021

Pihaknya juga akan mengkoordinasikan dengan Polres Kulon Progo, TNI, Polri dan Basarnas. 

Dikarenakan pengawasan tidak hanya terfokus pada lalu lintas melainkan di setiap destinasi wisata. 

Ia menyampaikan bahwa pada lebaran 2020 lalu, pengawasan lalu lintas yang dilakukan oleh Dishub Kulon Progo berada di Kapanewon Kalibawang. 

Sementara di Kapanewon Temon dilakukan oleh Dishub DIY. 

Terlebih volume kendaraan yang melintasi wilayah Kulon Progo pada libur lebaran tahun lalu juga di bawah rata-rata harian normal. 

Namun demikian, ketika mendekati lebaran nanti, Dishub Kulon Progo akan melakukan survei harian di Jalan Nasional maupun Provinsi untuk melihat tren perkembangan lalu lintas dari hari ke hari. 

"Nanti baik yang masuk maupun keluar wilayah Kulon Progo akan disurvei terkait kepadatan kendaraan, plat luar daerah kita pantau jumlahnya. Kalau sekarang belum," ungkapnya. (Tribunjogja/Sri Cahyani Putri)
 

Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved