Breaking News:

DPRD Minta Refocusing APBD DIY 2021 Harus Mampu Menekan Kasus Covid-19

Refocusing anggaran yang saat ini sedang dilakukan oleh seluruh SKPD di DI Yogyakarta (DIY) harus mampu menekan kasus Covid-19.

TRIBUNJOGJA/ Miftahul Huda
Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Refocusing anggaran yang saat ini sedang dilakukan oleh seluruh SKPD di DI Yogyakarta (DIY) harus mampu menekan kasus Covid-19. 

Menekan penambahan kasus Covid-19 harus dijadikan indikator penggunaan anggaran yang bersumber dari Biaya Tidak Terduga (BTT).

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana. 

Menurut Huda, saat ini APBD DIY tahun 2021 menganggarkan Rp 66,9 miliar untuk penanganan Covid-19 dalam BTT. 

Baca juga: Kawasan Pantai di Gunungkidul DI Yogyakarta Diguncang Gempa 4,7 Magnitudo Pagi Tadi

Sekretaris Daerah DIY atas arahan Kementerian Keuangan mengeluarkan edaran untuk menambah alokasi anggaran penanganan Covid-19 dalam BTT sebesar 8 persen dari setiap SKPD atau setara nominal kurang lebih Rp 125 miliar.

"Dengan tambahan anggaran hasil refocusing ini, BTT akan menjadi sekitar Rp191 miliar untuk penanganan Covid-19 yang meliputi berbagai program seperti vaksinasi, insentif tenaga kesehatan, pencegahan, dukungan posko Covid-19, dan sebagainya," beber Huda, Rabu (24/2/2021). 

"Kami minta harus ada indikator yang jelas dan mudah dinilai terkait penggunaan anggaran ini, yaitu penurunan kasus harian Covid-19 secara signifikan dalam tahun 2021 dan seterusnya. Jangan sampai indikator keberhasilannya sekadar terlaksananya kegiatan dan terserapnya anggaran, tetapi kasus Covid-19 tetap tinggi," sambung anggota FPKS ini. 

Ia melanjutkan, terkendalinya kasus Covid-19 akan menjadi kunci perbaikan perekonomian yang saat ini terpuruk. 

Program-program yang dilaksanakan harus tepat sasaran dan efisien, sehingga belanja anggaran akan memberikan dampak langsung bagi pengendalian kasus dan perbaikan ekonomi.

Halaman
12
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved