Breaking News:

Kawasan Pantai di Gunungkidul DI Yogyakarta Diguncang Gempa 4,7 Magnitudo Pagi Tadi

Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,7 guncang kawasan Pantai Gunungkidul, Rabu (24/2/2021) pagi.

ist
Ilustrasi gempa bumi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,7 guncang kawasan Pantai Gunungkidul, Rabu (24/2/2021) pagi.

Hasil pementauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Sleman mencatat, episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.737 LS dan 110.28027 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 km arah baratdaya Gunungkidul, DI Yogyakarta pada kedalaman 26 km. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo Australia," Kata Kepala Stasiun Geofisika Sleman Ikhsan melalui keterangan resminya Rabu pagi.

Baca juga: UPDATE Covid-19 hingga Rabu 24 Februari 2021 Pagi Ini: Data Rinci Sebaran Kasus Baru di 34 Provinsi

Ia menambahkan, Guncangan gempa bumi ini dirasakan hingga ke daerah Pacitan III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah). 

Menurutnya wilayah Pacitan dapat merasakan getaran akibat gempa terasa seperti truk bermuatan yang melintas di jalan. 

Sedangkan Kabupaten Bantul dan Gunungkidul II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

Baca juga: Gunung Merapi Alami Awan Panas Guguran Sejauh 800 Meter Pagi Ini, Rabu 24 Februari 2021

Hingga saat ini BMKG belum mendapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. 

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami," jelasnya.

Ikhsan menambahkan, hingga pukul 06.45 tadi hasil monitoring BMKG mencatat adanya gempa susulan namun tidak berdampak besar.

Dirinya mengimbau agar masyarakat tetap tenang, dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.

 "Kami juga mengimbau agar masyarakat menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," pungkasnya.(hda)

Penulis: Miftahul Huda
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved