Breaking News:

Sembuh dari Covid-19 Tapi Masih Alami Gejalanya? Mengenal Long Covid, Begini Saran Dokter

Pada awal virus corona menyerang yang kemudian dikenal sebagai Covid-19, banyak gejala yang menyertai.

SHUTTERSTOCK/PETERSCHREIBER MEDIA
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Pada awal virus corona menyerang yang kemudian dikenal sebagai Covid-19, banyak gejala yang menyertai.

Suhu badan tinggi, sesak napas, batuk dan lainnya.

Namun belakangan, banyak penderita Covid-19 yang tidak merasakan gejala yang kemudian disebut sebagai Orang Tanpa Gejala atau OTG.

Virus corona penyebab Covid-19 sebagai virus baru masih banyak hal yang belum diketahui tentangnya.
Termasuk mengenai gejala-gejalanya.

Saat seseorang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 dilaporkan sejumlah gejala masih bertahan atau muncul kembali berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Kondisi inilah yang kemudian disebut dengan long covid.

"Long covid itu bila (seseorang) diperiksa PCR swab sudah negatif, atau artinya virus sudah tidak ada di dalam tubuh. Hanya, masih ada beberapa gejala sisa yang menetap yang membutuhkan tata laksana dalam jangka waktu panjang," ujar Ketua Pusat Komunikasi dan Informasi Publik Universitas Airlangga Martha Kurnia Kusumawardani.

Dokter spesialis rehabilitasi medik RSUD Dr. Soetomo Surabaya itu juga mengatakan ada sejumlah gejala sisa dari paparan Covid-19 yang tertinggal pada long covid ini seperti misalnya terkait fungsi pernapasan.

Sisa gejala Covid-19 Adapun sejumlah gejala lain yang seringkali dirasakan yakni: Mudah lelah Batuk Hilang Penciuman Nyeri kepala Nyeri otot Mual, diare Nyeri perut dan dada "Untuk itu, sering pasien dengan long covid ini perlu menjalani terapi rehabilitasi medik untuk pemulihannya," ungkap Martha.

Adapun rehabilitasi sesudah sembuh Covid-19 ia mengatakan, hal tersebut sebagaimana telah disampaikan dalam Buku Saku Pasca Sembuh Covid dari fakultas kedokteran Universitas Airlangga yakni:

1. Saat olahraga

Halaman
1234
Editor: ribut raharjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved