Breaking News:

Berita Kesehatan

Fakta-fakta Unik Sistem Kekebalan Tubuh yang Bekerja Bak Tentara Pelindung

Sistem kekebalan tubuh atau imun bekerja seperti tentara. Ia merupakan 'prajurit' penangkal serangan baik itu dari dalam maupun serangan dari luar

WebMD
ILUSTRASI Sistem Kekebalan Tubuh 

TRIBUNJOGJA.COM - Anda mungkin kerap kali mendengar istilah sistem kekebalan tubuh, imunitas atau daya tahan tubuh. Tapi apakah Anda tahu bagaimana imunitas bekerja dalam mempertahankan tubuh dari serangan penyakit?

Ilustrasi Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau imun bekerja seperti tentara. Ia merupakan 'prajurit' penangkal serangan baik itu dari dalam maupun serangan yang berasal dari luar.

Ketika ada serangan dari luar, maka ia akan mempertahankan benteng pertahanan untuk melawan serangan itu. Serangan itu akan mudah dikalahkan jika merupakan serangan berulang, karena antibodi sudah mengenali jumlah serangan, karakteristik serangan atau strategi serangannya. Pendek kata, sistem pertahanan sudah kenal serangan itu.

Lain halnya ketika serangan itu menerapkan strategi yang benar-benar baru, maka sistem pertahan perlu mempelajarinya terlebih dahulu.

Jika sistem pertahanan memiliki kekuatan yang lebih besar, maka serangan itu juga akan dikalahkan setelah sistem pertahanan melakukan adaptasi dari hasil mempelajari tipe serangan.

Baca juga: 4 Herbal Penambah Sistem Kekebalan Tubuh, Penangkal Serangan Penyakit

Sistem Kekebalan Tubuh

Nah, begitu juga dengan sistem kekebalan tubuh, ia akan bereaksi dan membunuh setiap virus yang masuk. Ia pun akan kebal jika sistem pertahanan tubuh sudah memiliki antibodi atau antivirusnya.

Sedangkan bagi virus baru, maka antibodi membutuhkan waktu untuk mempelajarinya.

Jika antibodi kuat, maka virus yang masuk bisa dilumpuhkan. Namun sebaliknya, jika antibodi terlalu lemah, maka bisa jadi ia akan gagal menghadapi virus itu.

Halaman
1234
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved