Breaking News:

Yogyakarta

Pemda DI Yogyakarta Prioritaskan Proyek Padat Karya untuk Menanggulangi Kemiskinan

Pada tahun 2021 ini, Pemda DIY akan mulai menonjolkan proyek-proyek padat karya yang dianggap mampu mendongkrak perekonomian warga.

TRIBUNJOGJA/ Yuwantoro Winduajie
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DI Yogyakarta masih menjadi provinsi dengan tingkat ketimpangan atau kesenjangan tertinggi secara nasional.

Menanggapi persoalan itu, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji berdalih, tingginya angka ketimpangan dan penduduk miskin disebabkan karena ekonomi DIY yang tengah mengalami kontraksi akibat pandemi COVID-19.

"Sekarang ini kita pada posisi yang harus semua kita lakukan, bagaimana mengupayakan pertumbuhan ekonomi," terangnya saat ditemui di Kompleks Kepatihan Selasa (16/2/2021).

Menurut Aji, pertumbuhan ekonomi DIY selama beberapa waktu terakhir ditunjang oleh keberadaan proyek-proyek besar. 

Misalnya proyek strategis nasional meliputi jalan tol dan Yogyakarta International Airport (YIA).

Baca juga: Ketimpangan DI Yogyakarta Tertinggi Nasional, Ini Tanggapan Sri Sultan HB X

Namun yang menjadi catatan, keberadaan proyek tersebut belum menyentuh masyarakat di lapisan bawah.

Sehingga di tahun 2021 ini, Pemda DIY akan mulai menonjolkan proyek-proyek padat karya yang dianggap mampu mendongkrak perekonomian warga.

"Daya ungkit di proyek proyek besar belum tentu sampai lapisan masyarakat terbawah. Tahun ini lebih banyak proyek yang dilaksanakan dengan padat karya," terangnya.

Padat karya merupakan kegiatan pembangunan proyek yang lebih banyak menggunakan tenaga manusia dibandingkan dengan tenaga mesin.

"Misalnya membangun jalan desa. Walaupun belum ada proyek untuk pengaspalannya tapi perkerasan (jalan) sudah bisa dimulai. Perkerasannya tidak menggunakan alat berat tapi pakai padat karya," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved