Breaking News:

WHO Rekomendasikan Vaksin Covid-19 AstraZeneca untuk Orang Diabetes, Begini Lengkapnya

Pertanyaan mengenai efektifitas vaksin Covid-19 yang dibuat Oxford/AstraZeneca atau AZD1222 sering dilontarkan warganet, mengingat Indonesia juga akan

kontan.co.id
WHO Rekomendasikan Vaksin Covid-19 AstraZeneca untuk Orang Diabetes, Begini Lengkapnya 

TRIBUNJOGJA.COM - Pertanyaan mengenai efektifitas Vaksin COVID-19 yang dibuat Oxford/AstraZeneca atau AZD1222 sering dilontarkan warganet, mengingat Indonesia juga akan menggunakan vaksin tersebut untuk pencegahan Virus Corona.

Diketahui, Kelompok Penasihat Strategis WHO untuk Ahli Imunisasi (SAGE) juga telah mengeluarkan rekomendasi sementara untuk penggunaan vaksin Oxford/AstraZeneca Covid-19 atau AZD1222.

Vaksin Covid-19 Pertama dari Program Vaksinasi Masal
Vaksin Covid-19 Pertama dari Program Vaksinasi Masal (AFP)

Tribun Jogja merangkum sederet pertanyaan yang mungkin terlontar dan jawaban dari WHO atas pertanyaan tersebut.

Berikut rangkumannya:

1. Siapa yang harus divaksinasi dulu?

Ilustrasi vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan Moderna berbasis teknologi genetik yang disebut mRNA (messenger RNA).
Ilustrasi vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan Moderna berbasis teknologi genetik yang disebut mRNA (messenger RNA). (SHUTTERSTOCK/Nixx Photography)

Meskipun persediaan vaksin terbatas, WHO merekomendasikan agar prioritas vaksin diberikan kepada petugas kesehatan yang berisiko tinggi terpajan dan orang lanjut usia, termasuk mereka yang berusia 65 atau lebih.

Negara dapat merujuk pada Peta Jalan Prioritas WHO dan Kerangka Nilai WHO sebagai pedoman untuk memprioritaskan kelompok sasaran.

2. Siapa lagi yang bisa menerima vaksin?

Ilustrasi
Ilustrasi (SHUTTERSTOCK/Orpheus FX)

Vaksinasi direkomendasikan untuk orang dengan penyakit penyerta yang telah teridentifikasi meningkatkan risiko COVID-19 yang parah, termasuk obesitas, penyakit kardiovaskular, penyakit pernapasan, dan diabetes.

Ini artinya, vaksin bisa digunakan untuk orang dengan komorbid seperti diatas.

Halaman
1234
Penulis: Bunga Kartikasari
Editor: Rina Eviana
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved