Breaking News:

Jawa

Polres Klaten dan Tim Gabungan Lakukan Tes Swab Antigen secara Random di Perbatasan Klaten - Sleman

Tes swab antigen secara acak itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya lonjakan COVID-19 selama  libur panjang akhir pekan tahun baru imlek  2021.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Polres Klaten dan Tim Gabungan Lakukan Tes Swab Antigen secara Random di Perbatasan Klaten - Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Polres Klaten bersama tim gabungan menggelar tes swab antigen secara random di Jalan Yogyakarta - Solo tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dengan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Titik pengujian tes swab antigen itu dilakukan Pos Polisi Prambanan, Kabupaten Klaten, Kamis (11/2/2021).

Dari pantauan Tribunjogja.com di lapangan, tes swab antigen secara acak itu dimulai sekitar pukul 16.30 WIB.

Selain jajaran Polres Klaten, pada kesempatan itu hadir juga unsur Kodim 0723/Klaten, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten dan Tenaga Kesehatan (Nakes).

Penanganan Covid-19 di Klaten Mulai Terkendali, 2 Indikator Keberhasilan Membaik

Tes swab antigen secara acak itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya lonjakan COVID-19 selama  libur panjang akhir pekan tahun baru imlek  2021.

Puluhan petugas yang bertugas pada operasi tersebut menyetop kendaraan dari arah Yogyakarta menuju Klaten.

"Kita melakukan random swab antigen terhadap para wisatawan atau pengemudi yang masuk wilayah Klaten. Ini demi mencegah lonjakan kasus COVID-19 di Klaten," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Klaten, AKP Bobby Anugerah Rachman saat ditemui di sela-sela kegiatan itu.

Menurut Bobby, pada kegiatan itu, pihaknya menargetkan bakal melakukan swab tes antigen secara acak kepada 50 pengendara yang melintas dari wilayah Yogyakarta menuju Klaten tersebut.

"Kuotanya kurang lebih 50 sampel yang akan kota ambil," ucapnya.

Klaten Berlakukan PPKM Berbasis Mikro, Wiwit Jam Songo Bengi Ora Lungo Juga Berlanjut

Ia mengatakan, jika seandainya hasil tes swab antigen tersebut menunjukkan tanda positif maka pengendara tersebut akan di minta untuk putar balik ke daerah Yogyakarta dan diarahkan ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Nanti sasaran kita yang diutamakan itu plat nomor luar," tambahnya.

Sementara itu, berdasarkam data yang dihimpun Tribunjogja.com di lapangan, sebanyak 8 pengendara yang telah menjalani  tes swab antigen di pos polisi Prambanan itu, hasilnya negatif semua.

Salah seorang pengendara, Budy Prasetya yang ikut diminta menjalani tes swab antigen itu mengaku sempat kaget saat dihentikan untuk diminta menjalani tes swab antigen itu.

"Sempat kaget. Tapi alhamdulillah hasilnya negatif. Saya dari Bandung mau jenguk keluarga yang sakit di daerah Prambanan ini," ucapnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved