Breaking News:

Yogyakarta

Capaian Kinerja Penerimaan Bea Cukai Yogyakarta Capai 102, 83 Persen

Capaian realisasi kinerja penerimaan bea masuk maupun cukai di DIY melebihi target sepanjang tahun 2020.

istimewa
Kepala kantor pengawasan dan pelayanan Bea Cukai Yogyakarta, Hengky Tomuan Parlindungan Aritonang menjelaksan kepada media di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY, Selasa (09/02/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Yogyakarta mencatatkan capaian realisasi kinerja penerimaan bea masuk maupun cukai di DIY melebihi target sepanjang tahun 2020.

Kepala kantor pengawasan dan pelayanan Bea Cukai Yogyakarta, Hengky Tomuan Parlindungan Aritonang menuturkan, penerimaan kepabeanan DIY sebesar 102,83 persen atau Rp454, 46 miliar.

"Hasil yang diraih penerimaan bea cukup baik dari target awal hanya sebesar Rp441,95 miliar. Sedangkan, secara  nasional juga berhasil melebih target sebesar 103,53 persen atau Rp212,94 triliun dari total target Rp205, 68 triliun," jelasnya kepada media di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY, Selasa (09/02/2021).

Ia mengatakan, terjadi peningkatan pada satu dari beberapa produk cukai yaitu etil alkohol dengan realisasi sebesar Rp6,08 miliar dari target Rp4 miliar.

Bea Cukai Yogyakarta Musnahkan Barang Impor Ilegal

Tingginya kontribusi etil alkohol pada penerimaan bea dan cukai disinyalir akibat penggunaannya sebagai bahan baku utama pembuatan hand sanitizer.

"Selama pandemi, hand sanitizer sangat diperlukan masyarakat sebagai pembersih dan kenaikannya sudah diprediksi," tuturnya.

Sementara itu, kenaikan lainnya juga terjadi pada hasil tembakau dengan realisasi Rp439,99 miliar dari target awal Rp432,95 miliar.

Untuk kinerja pengawasan, pihaknya berhasil menindak sebanyak 253 kasus.

Di antaranya pelanggaran cukai sebanyak 51 kasus, ekspor impor 201 kasus, dan fasilitas 1 kasus.

"Dari kasus tersebut , total nilai barang dari kasus pelanggaran ditaksir mencapai Rp6,52 miliar. Tak hanya itu, pihak kami pun berhasil menggagalkan penyeludupan 201,74 gram sabu-sabu belum lama ini," urainya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved