Breaking News:

Vaksin Covid

Sebanyak 2.244 Orang Ditargetkan Terima Vaksin Covid-19 Dosis Kedua di Kabupaten Magelang 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang menargetkan sedikitnya 2.244 orang ikut serta dalam program vaksin dosis kedua

freepik
Ilustrasi vaksin Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang menargetkan sedikitnya 2.244 orang ikut serta dalam program vaksin dosis kedua di wilayah setempat pada pekan ini.

Mereka sebelumnya telah mendapat suntikan vaksin pertama pada 25 januari 2021 lalu.

"Tujuan vaksinasi Covid-19 dosis kedua ini adalah sebagai booster untuk menguatkan respon imun yang telah terbentuk hasil dari vaksinasi dosis pertama. Vaksinasi dosis kedua ini akan memicu respon antibodi yang lebih cepat dan efektif di masa yang akan datang. Daya tahan tubuh ini akan terbentuk secara baik pada tiga minggu usai vaksinasi yang kedua ini," jelas, Kepala Dinkes Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, Senin (8/2/2021).

Penyalahgunaan Narkoba di Bantul Meningkat, Paling Banyak Pengedar Obat Berbahaya

Retno melanjutkan, saat ini sudah sebanyak 73 persen yang sudah mendapat dosis vaksin tahap pertama di wilayah Kabupaten Magelang dari sekitar tiga ribu target.

Jumlah itu diakui dia memang masih jauh dari harapan, namun beberapa faktor lainnya kerap menjadi kendala ditundanya vaksin bagi para tenaga kesehatan (nakes).

"Faktornya macam-macam, ada yang hipertensi, flu dan batuk dan lain sebagainya," imbuhnya.

Pada pekan ini, pihaknya mengatakan bahwa sejumlah nakes yang sempat tertunda untuk ikut serta dalam program vaksin dosis pertama bisa segera diselesaikan.

Mereka nantinya akan dijadwalkan ulang untuk mendapat program vaksinasi baik itu di rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya.

"Nanti akan kami gabung di dalam kelompok petugas pelayan publik," ujarnya.

Di sisi lain, pihaknya juga tengah melakukan pendataan kepada warga lanjut usia (lansia) yang berusia di atas 60 tahun.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved