Breaking News:

Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19, RS Siloam Ajak Masyarakat Patuhi 3T dan 5M

Hal ini dianjurkan sebagai langkah bersama untuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19.

Dok. Humas RS Siloam Yogyakarta
Proses vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Siloam Yogyakarta Kamis, (14/1/2021). 

TRIBUNJOGJA.com - Dokter Spesialis Penyakit Dalam Meita Ucche dari Rumah Sakit (RS) Siloam Yogyakarta mengatakan, tujuan dari vaksinasi Covid-19 adalah untuk membuat sistem imun kebal terhadap virus.

“Setelah dilakukannya vaksin, tubuh tetap akan memerlukan waktu untuk membentuk antibodi,” kata Meita, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jogja, Jumat (15/1/2021).

Untuk itu, masyarakat tetap diwajibkan untuk mematuhi testing, tracing, dan treatment (3T) serta memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas (5M).

Hal tersebut dianjurkan sebagai langkah bersama untuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19.

“Jadi, jangan tunda dan tetap ikuti anjuran pemerintah. Jangan takut untuk melakukan vaksin, karena vaksin justru membantu selama masa pandemi ini,” ujar Meita.

Terkait persyaratan vaksinasi Covid-19 di RS Siloam Yogyakarta, Meita menambahkan, pasien harus mengetahui betul riwayat penyakit yang diderita.

Menurut Meita, tenaga kesehatan perlu memastikan apakah pasien benar-benar terpapar Covid-19 dan memiliki komorbid atau penyakit bawaan.

Penyakit bawaan yang perlu diwaspadai di antaranya diabetes mellitus, kelainan autoimun, dan penyakit kronis yang memerlukan pengobatan jangka panjang.

Lebih lanjut, Meita menjelaskan, ada beberapa hal penting yang perlu diingat saat mendaftar vaksin Covid-19 di RS Siloam Yogyakarta.

Pertama, pasien harus sudah terdaftar sebagai pihak penerima vaksin di situs pedulilindungi.id. Pasien yang namanya sudah terdaftar nantinya akan memperoleh SMS dan barcode tiket vaksinasi Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Dwi Nur Hayati
Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved