Breaking News:

CPNS 2021

CPNS/PPPK 2021 Buka Formasi Guru, Nakes, Tenaga Teknis, Siapkan Dokumen Persyaratan Sejak Sekarang

Namun, lanjut Teguh, tak menutup kemungkinan tahun berikutnya, formasi guru akan kembali dibuka penyeleksiannya melalui jalur CPNS.

AFP/JUNI KRISWANTO
ILUSTRASI - Peserta ujian SKB CPNS 2019 di Surabaya, Selasa (22/9/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM - CPNS 2021 rencananya dibuka pada bulan April hingga Mei mendatang. Rencana pengumuman pendaftaran atau perkiraan jadwal CPNS 2021 tersebut diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo. 

Tidak hanya perekrutan ASN melalui seleksi calon pegawai negeri sipil ( CPNS 2021 ), pemerintah juga akan membuka pendaftaran lewat jalur pengadaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja ( PPPK 2021 ) pada tahun ini.

Sembari menanti pengumuman CPNS 2021 dan PPPK 2021 secara resmi, tidak ada salahnya mulai menyiapkan dokumen dan syarat pendaftarannya, baik secara umum maupun bagi pelamar lulusan SMA / SMK / MA hingga tingkat sarjana. 

ILUSTRASI - CPNS/PPPK 2021
ILUSTRASI - CPNS/PPPK 2021 (https://sscndata.bkn.go.id)

Penting diketahui dan sudah disampaikan pihak Kemenpan RB, bahwa akan ada tiga formasi utama dan prioritas yang dibutuhkan dan perekrutannya dibuka melalui CPNS dan PPPK 2021.

Deputi bidang SDM Kementerian PANRB Teguh Widjinarko juga menyampaikan bahwa tahun ini perekrutan akan dilakukan melalui CPNS dan PPPK 2021.

"Jadwal perekrutannya masih akan kami bicarakan dengan instansi pembina jabatan fungsional dan panitia seleksi nasional," kata Teguh Minggu (10/1/2021), dikutip Tribun Jogja dari kompas.com.

Baca juga: Formasi CPNS/PPPK 2021 Prioritaskan Guru, Tenaga Kesehatan & Tenaga Teknis: Jadwal dan Persyaratan

Disebutkan, ada tiga formasi yang dibutuhkan dalam seleksi CPNS dan PPPK, pertama adalah profesi guru.

Teguh menjelaskan, untuk formasi guru di 2021, sebanyak 1 juta tenaga akan diseleksi melalui jalur pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Sudah direncanakan akan merekrut satu juta guru melalui skema PPPK untuk menyelesaikan persoalan kekurangan tenaga guru yg saat ini diisi oleh tenaga honorer. Artinya sementara waktu, dalam jangka pendek kita selesaikan dulu masalah ini," ujar dia.

Namun, lanjut Teguh, tak menutup kemungkinan tahun berikutnya, formasi guru akan kembali dibuka penyeleksiannya melalui jalur CPNS.

Halaman
1234
Penulis: Tribun Jogja
Editor: Yoseph Hary W
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved