Breaking News:

Kulon Progo

Tourist Information Center Hadir Bandara YIA Permudah Layanan Informasi bagi Wisatawan dan Pebisnis

TIC ini bertujuan agar wisatawan yang pergi ke DIY lebih mudah mendapatkan layanan informasi. 

TRIBUNJOGJA.COM / Sri Cahyani
Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo didampingi PTS General Manager Bandara YIA PT Angkasa Pura I melaunching Tourist Information Center di Bandara YIA, Kulon Progo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta melaunching Tourist Information Center (TIC) yang berada di Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kabupaten Kulon Progo

TIC ini bertujuan agar wisatawan yang pergi ke DIY lebih mudah mendapatkan layanan informasi. 

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan TIC tidak hanya memberikan konten dari sisi pariwisata melainkan pendidikan. 

Selain itu juga memberikan informasi kepada pebisnis dalam berinvestasi dan menanamkan modal di DIY.

Baca juga: Animo Masyarakat untuk Mengakses Layanan Rapid Test Antigen di YIA Kulon Progo Tergolong Tinggi

"Saya berharap TIC menjadi tempat bersinerginya dari berbagai macam informasi yang akan diberikan kepada para wisatawan dan pebisnis yang sedang menggunakan jasa penerbangan udara," ucapnya usai acara launching TIC di Bandara YIA, Selasa (22/12/2020). 

Dikatakan Singgih, TIC di Bandara YIA karena lokasinya sangat strategis dimana titik temu antara wisatawan domestik dan mancanegara. 

Terlebih layanan TIC tersebut akan diberikan dalam bentuk fisik seperti brosur atau melalui layanan digital. 

"Kami juga memberikan untuk informasi melalui televisi touch screen yang bisa mengakses informasi di 4 Kabupaten dan 1 kota di dalam satu device," kata Singgih. 

Selain itu, TIC akan menyediakan 2 layanan bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang familiar di masyarakat. 

Baca juga: Angkasa Pura 1 Dirikan Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru di YIA Kulon Progo

Namun, apabila diperlukan pihaknya juga akan menyediakan staff yang standbay untuk melayani Bahasa Perancis, Korea dan Jepang. 

Terkait dengan jam operasional di TIC kata Singgih akan menyesuaikan dengan jam penerbangan. 

PTS. Generalisasi Manager Bandara YIA PT Angkasa Pura I, Taochid Purnomo Hadi berharap dengan adanya TIC di Bandara YIA dapat dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. 

"Jadi tidak hanya pemerintah provinsi namun bagi pemerintah kabupaten atau kota dapat berperan aktif. Misal melalui pemerintah provinsi akan mengatur jadwal tampil seni atau yang lainnya. Karena disini (TIC) lokasinya sangat strategis dan cukup luas," terangnya. ( Tribunjogja.com

Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved