Breaking News:

Berita Kesehatan

Penjelasan Kadar Gula Darah yang Normal, Penting untuk Antisipasi Diabetes

Mengetahui kadar gula darah sangat penting, tak hanya bagi penderita diabetes, tapi juga bagi mereka yang sehat

diabetes.co.uk
Ilustrasi - kadar gula dalam darah 

TRIBUNJOGJA.COM - Mengetahui kadar gula darah sangat penting, tak hanya bagi penderita diabetes, tapi juga bagi mereka yang sehat. Lantaran dengan mengetahui kadar gula darah, maka bisa diketahui pula apakah Anda berisiko terkena diabetes atau tidak.

Apalagi jika Anda sudah termasuk ke dalam kelompok pradiabetes atau yang berisiko diabetes.

Selain itu, mengatahui kadar gula darah juga tentu saja bisa membantu Anda untuk memastikan gula darah tetap berada dalam level normal.

Tapi, tahukah Anda berapa kadar gula darah normal yang harus Anda miliki?

Kadar gula darah sebenarnya berfluktuasi, naik turun sepanjang hari dan setiap saat, tergantung dengan asupan makanan dan aktivitas yang dilakukan masing-masing orang.

Baca juga: 5 Kesalahan Sepele yang Tanpa Sadar Bisa Meningkatkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

Bila seseorang berpuasa semalaman, kadar gula darah yang normal adalah 70-100 mg/dL. Kadar gula darah ini kira-kira sama dengan satu sendok teh di dalam satu galon air putih.

Kategori seseorang alami diabetes

International Diabetes Federation (IDF), American Diabetes Association (ADA), dan Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni) sepakat, diagnosis atas diabetes bisa ditegakkan jika kadar gula darah seseorang pada saat puasa di atas 126 mg/dL dan dua jam sesudah makan di atas 200 mg/dL.

Jika kadar gua darah puasa seseorang ada di antara 100-125 mg/dL, berarti orang tersebut mengalami keadaan glukosa puasa yang terganggu atau impaired fasting glucose (IFG).

Dalam keadaan seperti itu, langkah-langkah untuk mengontrol gula darah agar jangan sampai timbul komplikasi serius mesti segera Anda lakukan.

Ada juga keadaan ketika kadar gula darah seseorang tidak normal, tapi belum termasuk kriteria diagnosis untuk diabetes mellitus. Misalnya, kadar gula darah puasa di bawah 126 mg/dL tetapi dua jam sesudah makan kadar gula darahnya ada di antara 140-199 mg/dL.

Halaman
123
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved