Breaking News:

Ki Geter Pramudji Tuai Pujian dari Penggemar Wayang Climen Ki Seno Nugroho

Dalang Ki Geter Pramuji Widodo menuai pujian dari para penggemar pergelaran wayang kulit dan fans almarhum Ki Seno Nugroho.

Tribun Jogja/ Yudha Kristiawan
Suasana doa bersama memperingati meninggalnya Ki Seno Nugroho, Senin (9/11/2020) malam 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Dalang Ki Geter Pramuji Widodo menuai pujian dari para penggemar pergelaran wayang kulit dan fans almarhum Ki Seno Nugroho.

Pujian membanjir saat Ki Geter manggung secara penuh di pentas wayang climen, Selasa (17/11/2020). Pentas ini disiarkan secara langsung di channel You Tube Dalang Seno.

Pertunjukan wayang climen dipersembahkan dalam rangka HUT ke-90 Gereja Santa Maria Pengantara Rahmat Ilahi Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Mengambil lakon Semar Mbangun Jiwo, pertunjukan ini oleh Ki Geter disebut sebagai pentas ulangan lakon serupa 1 November 2020.

Dalang Ki Seno Nugroho semasa hidup
Dalang Ki Seno Nugroho semasa hidup (IST)

Saat itu, almarhum Ki Seno Nugroho membawakan lakon sama dalam rangka HUT ke-90 Paroki Santo Petrus Pekalongan, Jawa Tengah.

Para penonton pentas wayang climen semalam lewat komentar di kolom percakapan live streaming, menyebut penampilan Ki Geter sangat tenang.

Jauh lebih baik, menarik, runtut, dan memiliki pesona ketimbang penampilan perdana Ki Geter pada 13 November 2020.

Baca juga: Aksi 3 Dalang Penerus Ki Seno Nugroho Tuai Pujian Penonton Siaran Langsung Wayang Climen

Saat itu Ki Geter membuka pentas tiga dalang Wargo Laras. Selain Ki Geter tampil mendalang Ni Elisha Orcarus Allaso dan Ki Kiswan Dwinawaeka.

Dari suara dan suluknya, penonton ada yang menyebutnya mirip gaya Ki Hadi Sugito dan Ki Narto Sabdo, dua dalang legendaris dari gaya Yogyakarta dan Surakarta.

Pentas wayang climen dari kediaman keluarga almarhum ki Seno Nugroho di Gayam, Argosari, Sedayu, Bantul, ditonton tak kurang 15.000 pemirsa di tiga channel yang menayangkannya secara langsung.

Lima pesinden Wargo Laras yang sudah dikenal luas penggemar wayang, menyemarakkan pentas. Mereka terdiri sinden Elisha Orcarus, Tatin, Agnes, Nety dan Prastiwi.

Elisha Orcarus Allaso akan ikut tampil dalam Wayang Climen Lanjutan Pentas Ki Seno Nugroho
Elisha Orcarus Allaso akan ikut tampil dalam Wayang Climen Lanjutan Pentas Ki Seno Nugroho (TRIBUNJOGJA.COM / Setya Krisna Sumargo)

Lakon Semar Mbangun Jiwo yang dibabar selama lebih kurang tiga jam pertunjukan, cerita yang sarat pesan etik moral, tentang 10 pesan keutamaan hidup.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved