Breaking News:

Kisah Perjalanan Karier Ki Seno Nugroho Ketika Mulai Digembleng Menjadi Dalang

Ki Seno Nugroho meninggal di usia 48 tahun saat kariernya sebagai dalang tengah menjulang di puncak

Tribun Jogja/ Yudha Kristiawan
Suasana doa bersama memperingati meninggalnya Ki Seno Nugroho, Senin (9/11/2020) malam 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Catur Kuncoro atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ki Catur Benyek Kuncoro mengungkap kisah perjalanan karier Ki Seno Nugroho. Dari cerita tersebut terungkap bagaimana darah seni pedalangan telah mengalir begitu kuat di dalam keluarga besar Ki Seno Nugroho.

Dari mulai Ki Cermo Bancak, Ki Suparman, Ki Seno Nugrogo hingga Gading Pawukir yang dipersiapkan untuk meneruskan jejak ayahnya, Ki Seno Nugroho yang meninggal dunia di usia 48 tahun pada Selasa 3 November 2020 lalu.

Ki Seno Nugroho meninggal saat kariernya sebagai dalang tengah menjulang di puncak. Selama lebih kurang empat tahun terakhir, pengaruh Ki Seno Nugroho di jagat seni tradisi begitu diakui.

Ki Seno Nugroho
Ki Seno Nugroho (Kompas.com)

Adik sepupu Ki Seno Nugroho, Catur Kuncoro, atau lebih popular disebut Ki Catur Benyek Kuncoro, membeberkan masa-masa sulit saat Seno Nugroho tergerak menekuni pedalangan.

Ki Catur Benyek Kuncoro mengungkapkan bahwa jalannya tidak mudah. Walau ayahnya, Ki Suparman, saat itu juga tengah moncer sebagai dalang wayang kulit gagrak Yogyakarta.

Cerita panjang lebar Catur Benyek Kuncoro tentang almarhum Seno Nugroho diunggah di channel You Tube Darjo.

Tribunjogja.com, Minggu (15/11/2020), sudah meminta izin Catur Benyek untuk menuliskannya, dan dipersilakan mengutip kisahnya.

Silsilah Keluarga

Catur Benyek Kuncoro terhitung masih keluarga dekat Seno Nugroho. Secara silsilah, ia menceritakan tentang kakeknya, Ki Cermo Bancak.

Mbah Bancak ini dalang kondang Yogyakarta pada masanya. Ia juga bisa menari, karawitan, main wayang orang, dan seni tradisional lain.

Nama Bancak menurut Catur Benyek, sebutan yang disematkan orang lain, karena ia dikenal piawai memainkan diri sebagai Bancak dalam pertunjukan bersama sosok Doyok, pasangannya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved