Breaking News:

Rute Penerbangan di YIA Ditambah pada Libur Panjang

Pada Rabu (28/10/2020) sampai dengan Minggu (1/11/2020), sejumlah rute penerbangan di Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kulon Progo ditambah.

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia Boeing 777-300 ER mendarat di Yogyakarta Internasional Airport (YIA) pada Rabu (28/10/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Memasuki libur cuti bersama Maulid Nabi Muhammad S.A.W yang jatuh pada Rabu (28/10/2020) sampai dengan Minggu (1/11/2020) sejumlah rute penerbangan di Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kulon Progo ditambah.

Satu di antaranya maskapai Garuda Indonesia yang mengajukan penambahan penerbangan (ekstra flight) dengan pesawat terbesarnya Boeing 777-300 ER.

PTS General Manager YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan melihat libur panjang ternyata permintaannya luar biasa sehingga harus menambah ekstra flight (penambahan penerbangan).

Baca juga: PT Angkasa Pura I Gelar Konser Virtual Sumpah Pemuda Secara Perdana di YIA

"Bahkan saya tidak menyangka jika di YIA sudah mencapai 40 persen kenaikannya mulai dari jumlah penerbangan maupun jumlah penumpangnya. Sehingga Rabu (28/10/2020) sore pukul 17.00 WIB maskapai Garuda Boeing 777-300 ER telah membawa sekitar 220-an penumpang mendarat di YIA," tuturnya Kamis (29/10/2020).

Namun demikian pada hari yang sama di YIA pukul 12.00 WIB lebih dulu didarati maskapai Citilink A330 seri 900 dengan membawa 255 penumpang.

"Ke depan tentunya kita juga berharap pesawat wide body bisa mendarat di YIA karena secara fasilitas bandara ini mampu untuk didarati pesawat terberat dan terbesar. Jadi saya cukup bangga, Garuda telah mendaratkan pesawat terberatnya Garuda 777 di YIA," ucapnya.

Adapun kedua pesawat tersebut didominasi penerbangan dari dan menuju Jakarta.

Ia menyebut, selama liburan penerbangan dari dan menuju Jakarta ada sekitar 22 penerbangan per hari.

Baca juga: Keberadaan Galeri UMKM di Bandara YIA Dapat Mengangkat Produk Lokal

Selain itu, peningkatan juga terjadi pada rute penerbangan ke Balikpapan dan Ujung Pandang.

"Kemarin pagi, rute penerbangan ke Bali juga bertambah empat flight," imbuhnya.

Peningkatan jumlah penumpang di YIA ini juga disertai adanya stimulus pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U) bagi penumpang yang ditanggung oleh pemerintah.

"Dengan adanya stimulus ini tentunya memberikan angin segar dan tanggapan yang sangat positif untuk masyarakat dalam menggunakan jasa penerbangan udara. Apalagi di YIA walaupun ramai tetapi jaminan protokol kesehatan dipastikan sangat ketat. Jadi masyarakat jangan khawatir untuk mengakses penerbangan di YIA," katanya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved