Berita DI Yogyakarta Hari Ini

Aturan Baru di Bandara Adisutjipto, Penumpang Tidak Diwajibkan Menunjukan Hasil Tes Covid-19

Pelaku perjalanan udara yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau ketiga (booster) tidak wajibkan menunjukkan hasil negatif tes Covid-19.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Petugas tengah memeriksa status vaksin dari calon penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan bagi calon penumpang perjalanan udara yang sudah melakukan vaksinasi lengkap atau booster tidak diwajibkan menunjukkan hasil tes Covid-19 .

Pandu Purnama, General Manager Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta menyatakan aturan tersebut tertuang dalam SE Kementerian Perhubungan No. 21 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19 ) yang terbit pada 8 Maret 2022.

Di mana dalam surat edaran tersebut pelaku perjalanan udara yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

"Kami selaku operator bandar udara mendukung sepenuhnya terkait peraturan yang telah ditetapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 dan Kementerian Perhubungan dengan terbitnya syarat penerbangan terbaru mulai 8 Maret 2022," ujarnya, Rabu (9/3/2022).

Baca juga: Peringati HUT ke-58 PT Angkasa Pura, APPMI DIY Gelar Fashion Show di Bandara Adisutjipto

"Hal ini merupakan sinyal baik bagi dunia penerbangan dan pariwisata di Indonesia karena dengan peraturan saat ini, para penumpang yang sudah vaksin lengkap tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif PCR maupun Antigen. Sehingga perjalanan dengan transportasi udara dapat dilakukan dengan lebih mudah," imbuhnya.

Pandu menambahkan, dengan berlakunya peraturan tersebut diharapkan dapat meningkatkan tingkat vaksinasi pada skala nasional.

Dengan kemudahan tersebut, menuntut masyarakat yang ingin melakukan perjalanan udara dengan mudah untuk melakukan vaksin lengkap.

"Semoga adanya kemudahan tersebut dapat mendorong masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap untuk segera melakukan vaksinasi," katanya.

Baca juga: Tingkatkan Fasilitas Layanan Pendidikan, Bandara Adisutjipto Salurkan CSR ke SLB

Sementara itu, bagi masyarakat yang baru menerima dosis vaksinasi pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam atau Rapid Test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Sedangkan untuk pelaku perjalanan udara yang belum mendapatkan vaksinasi, selain hasil tes Covid-19 juga wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19 .

"Untuk syarat penerbangan untuk anak usia di bawah 6 tahun juga disesuaikan menjadi dapat melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan serta wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat," tutupnya.

Adapun saat ini  hanya tersedia tiga rute penerbangan di Bandara Adisutjipto yakni ke Surabaya, Bali dan Bandung.

Untuk rute Halim untuk sementara non operasional karena di sana sedang ada perbaikan sampai bulan Juni.( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved