Breaking News:

Pengusaha Kain Tenun Lurik Curhat ke Danang Wicaksana Sulistya, Ingin Bisa Ekspor Produk Asli Sleman

DWS berdiskusi dan mendengarkan keluhan dan kendala yang dihadapi para pengusaha kain tenun lurik dan stagen.

dok.istimewa
Calon bupati Sleman nomor urut 1, Danang Wicaksana Sulistya (DWS), mengunjungi pengusaha kain tenun lurik dan stagen di Dusun Pakelan, Sumberarum, Moyudan, Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Calon bupati Sleman nomor urut 1, Danang Wicaksana Sulistya (DWS), mengunjungi pengusaha kain tenun lurik dan stagen di Dusun Pakelan, Sumberarum, Moyudan, Sleman.

Dalam kunjungannya tersebut, DWS berdiskusi dan mendengarkan keluhan dan kendala yang dihadapi para pengusaha kain tenun lurik dan stagen. 

Seorang pengusaha kain tenun lurik dan stagen di Dusun Pakelan, Didik Karyadi, memanfaatkan kesempata tersebut untuk mengutarakan keinginannya, agar dapat mengekspor langsung produknya ke luar negeri.

Kepada DWS, Didik menyatakan alasan keinginannya tersebut adalah agar mendapat keuntungan yang lebih sehingga dapat lebih mampu mensejahterakan perajin.

Dampak yang diharapkan, makin banyak generasi muda mau kembali menekuni pembuatan tenun.

Pasalnya, Didik mengaku dirinya adalah satu dari sedikit perajin yang tersisa.

Baca juga: Danang Wicaksana Sulistya Dukung Upaya Pelestarian Populasi Berbagai Satwa di Lereng Merapi

Baca juga: Danang Wicaksana Sulistya (DWS) Berkomitmen Siap Dukung dan Beri Kemudahan Bagi Peternak

Sebelumnya, Dusun Pakelan merupakan sentra perajin tenun dan dua dekade lalu telah berhasil menjual produk ke sejumlah negara.

Kini, puluhan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) di desa itu banyak yang menganggur karena kesulitan meregenerasi pekerja ahli tenun.

"Dengan memberi harga yang lebih baik kepada pengrajin, kami berharap bisa menarik minat generasi muda untuk terjun di kerajinan tenun," kata Didik kepada DWS.

Calon bupati Sleman nomor urut 1, Danang Wicaksana Sulistya (DWS), mengunjungi pengusaha kain tenun lurik dan stagen di Dusun Pakelan, Sumberarum, Moyudan, Sleman
Calon bupati Sleman nomor urut 1, Danang Wicaksana Sulistya (DWS), mengunjungi pengusaha kain tenun lurik dan stagen di Dusun Pakelan, Sumberarum, Moyudan, Sleman (dok.istimewa)

Didik yang memiliki puluhan alat tenun di rumahnya itu sebelumnya adalah pengepul barang kerajinan berbahan tenun.

Halaman
123
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved