Breaking News:

Kulon Progo

Sambut Normal Baru, Pengadilan Negeri Wates Mulai Laksanakan Sidang Langsung

Persidangan di Pengadilan Negeri Wates, Selasa (23/6/2020), mulai menghadirkan pihak penuntut umum dan penasihat hukum serta saksi di ruang sidang pen

Dok PN Negeri Wates
Proses persidangan yang dilaksanakan secara langsung 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Persidangan di Pengadilan Negeri Wates, Selasa (23/6/2020), mulai menghadirkan pihak penuntut umum dan penasihat hukum serta saksi di ruang sidang pengadilan.

Dalam pelaksanaannya, mereka dihadirkan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan virus Covid-19.

Edy Sameaputty, hakim sekaligus juru bicara PN Wates, menyampaikan bahwa berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 6 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya dalam Tatanan Normal Baru, Pengadilan Negeri Wates melaksanakan persidangan dengan memaksimalkan penerapan physical distancing dan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Selain pelaksanaan sidang secara daring/teleconference, berdasarkan perjanjian kerjasama antara Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung, dan Kementerian Hukum dan HAM tanggal 13 April 2020 Nomor 402/DJU/KM.01.1/4/2020; KEP-17/E/Ejp/04/2020; PAS-08.HH.05.05 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Persidangan Melalui Teleconference yang tetap berlanjut, persidangan dengan tatap muka mulai diadakan hari ini," ungkapnya.

Pengadilan Negeri Wates Lakukan Persidangan Daring

Menurutnya persidangan dengan menghadirkan para pihak terkait lebih efektif dalam upaya pembuktian, sehingga lebih dapat menjamin hak-hak hukum bagi masyarakat.

Edy juga menyampaikan bahwa terdapat aturan penting yang wajib dilakukan dalam menghadiri persidangan pada masa normal baru saat ini.

"Para pihak, baik kejaksaan, advokat, saksi-saksi, maupun pemohon dan termohon yang datang ke Pengadilan Negeri Wates wajib mencuci tangan sebelum memasuki kantor pengadilan," katanya.

Selain itu area PN Wates merupakan area wajib memakai masker. Jadi tamu atau pengunjung yang tidak memakai masker tidak diperkenankan memasuki kantor pengadilan.

Selain dua hal tersebut, saat masuk pintu depan, satpam yang berjaga juga akan melakukan pengukuran suhu tubuh tamu dengan thermal gun.

"Apabila suhu normal dan kondisi sehat, pengunjung dipersilakan masuk untuk kemudian mengisi buku tamu elektronik," ungkapnya.

Adapun bagi para pengunjung sidang yang tidak berkepentingan, hanya dapat menunggu di luar ruang sidang.

RSUD Wates Sediakan Enam Ruang Khusus Bagi Kasus COVID-19

"Hal ini untuk mengurangi jumlah orang di dalam ruang sidang serta menerapkan secara ketat physical distancing," tambahnya.

Dia pun berharap bahwa semua pihak yang hadir di persidangan, dapat selalu menjaga tubuhnya tetap dalam kondisi sehat bugar dan disiplin menjaga kesehatan, sehingga proses peradilan dapat terlaksana dengan aman, selamat, sehat, demi terwujudnya keadilan. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Andreas Desca
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved