Breaking News:

Bawaslu Sleman Aktifkan Kembali 137 Pengawas Adhoc

Bawaslu Sleman Aktifkan Kembali 137 Pengawas Adhoc Pilkada Serentak 2020

Tribun Jogja/ Alexander Ermando
Ketua Bawaslu Sleman, Abdul Karim Mustofa 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman secara serentak mengaktifkan kembali 51 Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwaslu Kecamatan) dan 86 Panitia Pengawas Pemilihan Umum Desa (Panwaslu Desa) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa yang akrab disapa Karim ini mengatakan, Surat Keputusan (SK) pengaktifan kembali Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa sebagai Pengawas Adhoc dikeluarkan pada tanggal 12 Juni 2020.

"Pengaktifan kembali ini dilakukan untuk melanjutkan pengawasan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang sempat terhenti di bulan Maret 2020,” jelas Karim Senin (15/6/2020).

Adapun pengaktifan ini sebagai tindak lanjut dari keputusan politik Rapat Dengar Pendapat, 27 Mei 2020 yang lalu antara DPR RI, Pemerintah, KPU, Bawaslu dan DKPP serta keluarnya beberapa regulasi.

Pemungutan Suara Pilkada Serentak 2020 Digelar 9 Desember

Menkopolhukam Mahfud MD: Pilkada 2020 Tidak Boleh Diundur

Antara lain Perppu Nomor 2 Tahun 2020 yang mengatur Perubahan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Sementara itu, Vici Herawati selaku Anggota dan Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Kabupaten Sleman mengungkapkan landasan lain dari pengaktifan kembali Pengawas Pemilihan Adhoc adalah Surat Edaran Ketua Bawaslu No 0197/K.Bawaslu/TU.00.01/VI/2020 yang mengatur pengaktifan kembali Panwaslu Adhoc tingkat kecamatan dan kelurahan/desa.

"Atas keputusan kelanjutan ini, bagi penyelenggara pemilu, termasuk Pengawas Pemilu, tidak ada pilihan kecuali harus melakukan pengawasan di masa Pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung," tegasnya.

Vici juga menyampaikan agar anggota Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa yang kembali diaktifkan ini agar selalu menjaga kesehatan secara ekstra karena Pemilihan Kepala Daerah lanjutan dilakukan di tengah wabah Covid-19 yang belum mereda. (Tribunjogja/Santo Ari)

Penulis: Santo Ari
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved