Yogyakarta

Pembayaran Denda PKB Maksimal Lima Tahun

Kabid Anggaran Pendapatan Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) DIY, Gamal Suwantoro mengimbau masyarakat agar tidak tergesa-gesa dalam memanfaatka

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kabid Anggaran Pendapatan Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) DIY, Gamal Suwantoro mengimbau masyarakat agar tidak tergesa-gesa dalam memanfaatkan dispensasi penghapusan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dan denda administratif pajak kendaraan bermotor (PKB) oleh Pemda DIY.

Di tengah wabah virus korona, warga diminta untuk mematuhi kebijakan pembatasan sosial guna mencegah penyebaran virus.

Di sisi lain, masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan E-samsat online dan E-posti di gerai ATM Bank BPD DIY untuk membayar tagihan pajak kendaraan bermotor masing-masing.

KPPD DIY Gelar Pembekalan Calon Petugas Pendataan Guna Optimalkan Penerimaan Pajak Kendaraan

"Batasnya masih panjang. Kita berlakukan sampai dengan 30 Juli dan tidak usah terlalu terburu-buru. Bisa diguyur agar tidak ada penumpukan antrean dan kerumunan dalam jumlah yang banyak," kata Gamal, Rabu (1/4/2020).

Selain itu, masyarakat juga tidak perlu membayar BBNKB dan denda PKB sesuai dengan wilayahnya masing-masing.

Pemda DIY telah memberlakukan setiap Samsat untuk bisa melayani pembayaran pada seluruh wilayah di DIY.

"Misal kendaraan Bantul bisa juga dilayani di kota dan bukan hanya pengesahan ulang tapi juga bisa lima tahunan. Tidak berdasarkan wilayah. Pilih mana yang terdekat saja," kata Gamal.

Pada tahun ini, pihaknya menargetkan pajak dari sisi kendaraan bermotor senilai Rp901.673 miliar dan BBNKB sebesar Rp478 miliar.

Diharapkan masyarakat bisa mengakses kebijakan yang diberlakukan itu dan membayar kewajiban tersebut.

Dia menjelaskan, penetapan ini diambil akibat dampak dari meluasnya sebaran virus korona sekaligus pula untuk memberikan dispensasi dan keringanan untuk kendaraan yang belum membayar pajak dalam waktu lama.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved