Mulai Hari Ini, Bandara YIA di Kulonprogo Akan Resmi Beroperasi Secara Penuh

Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo dipastikan bakal beroperasi secara penuh mulai hari ini, Minggu (29/3/2020)

TRIBUNJOGJA/SINGGIH WAHYU N
Suasana area gerbang utama beserta jalan penghubung di dalam kawasan Bandara YIA di Temon, Kulon Progo, Jumat (2/8/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Mulai hari ini, Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo dipastikan bakal beroperasi secara penuh.

Sebanyak 168 pemindahan (movement) penerbangan akan meramaikan bandara ini, mulai Minggu (29/3/2020) hari ini.

Rinciannya adalah  32 movement penerbangan existing di Bandara YIA sejak 6 Mei 2019 dan ditambahkan 136 movement penerbangan dari Bandara Internasional Adisucipto.

Imbas Pandemi Covid-19, 53 Penerbangan di YIA Dibatalkan Sementara

Penerbangan ​AirAsia​ di Yogyakarta Pindah ke YIA Mulai 29 Maret 2020

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, menyampaikan bahwa pemindahan penerbangan dari Bandara Internasional Adisucipto menuju Bandara Yogyakarta Internasional Airport, ternyata sudah mulai dilaksanakan sejak 20 Maret 2020 lalu.

Menurutunya, skenario pemindahan penerbangan tersebut memang dilaksanakan secara berkala dan akan mulai beroperasi penuh pada Minggu (29/3/2020) hari ini.

Teleconference Direksi Angkasa Pura I (Persero) terkait pengoperasian secara penuh Bandara YIA
Teleconference Direksi Angkasa Pura I (Persero) terkait pengoperasian secara penuh Bandara YIA (Tribunjogja/Andreas Desca)

Disampaikan juga olehnya, penerbangan perdana penanda operasional penuh bandara YIA hari ini akan dilakukan oleh maskapai Batik Air dengan rute Yogyakarta-Samarinda pada pukul 06.00 WIB.

Sementara untuk kedatangan perdana akan dilakukan oleh maskapai Lion Air pada pukul 06.20 WIB dengan rute Jakarta-Yogyakarta.

Mitigasi Penyebaran Covid-19

Direktur Utama Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi, juga menyampaikan bahwa pengoperasian penuh Bandara YIA tersebut merupakan salah satu langkah mitigasi yang dimiliki Angkasa Pura I, untuk antisipasi penyebaran Pandemi Covid-19 di lingkungan Bandara.

Menurutnya dengan dilaksanakan pemindahan, penerapan kebijakan Social Distancing akan lebih mudah dilaksanakan.

Halaman
123
Penulis: Andreas Desca
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved