Bantul

Bantul Waspadai Siklus Lima Tahunan DBD

Kasus laporan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bantul mengalami peningkatan cukup signifikan.

Bantul Waspadai Siklus Lima Tahunan DBD
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Bupati Bantul Drs Suharsono didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Agus Budi Rahardjo melakukan tinjauan langsung ke rumah warga di Padukuhan Pasutan, Desa Trirenggo Bantul dalam program Gertak PSN. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Kasus laporan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bantul mengalami peningkatan cukup signifikan.

Warga masyarakat diminta waspada dan senantiasa menjaga pola hidup bersih, termasuk aktif melakukan pemberantasan terhadap sarang nyamuk. 

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Rahardjo mengatakan, sesuai dengan empirisnya tahun ini dimungkinkan menjadi siklus lima tahunan bagi Demam Berdarah Dengue.

Ia meminta warga melakukan langkah pencegahan dengan pengendalian sarang nyamuk melalui 3 M, yakni Menguras, menutup dan mengubur atau mendaur ulang barang bekas. 

Kasus DBD di Bantul Meningkat, Bupati Suharsono Minta Warga Rajin Kuras dan Sikat Kamar Mandi

"Jangan beri kesempatan sarang nyamuk berkembang," ucap Agus, saat melakukan peninjauan langsung ke rumah warga di Padukuhan Pasutan, Desa Trirenggo Bantul, bersama Bupati Bantul Drs Suharsono, Jumat (14/2/2020). 

Bupati Suharsono didampingi Agus Budi meninjau langsung rumah warga di Pasutan, Desa Trirenggo, dalam program Gerakan Serentak (Gertak) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Kabupaten Bantul.

Tujuannya untuk menggiatkan kembali pengendalian sarang nyamuk di masyarakat. 

Langkah ini menurutnya penting, mengingat berdasarkan laporan surat keterangan dini rumah sakit (KDRS), jumlah kasus yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti itu di Bantul mengalami peningkatan.

Sampai awal Februari jumlahnya sudah mencapai 160 kasus. 

Super Gampang! Tutorial Make Up Khusus untuk Musim Hujan

Jumlah tersebut mengalami kenaikan cukup signifikan dibandingkan dengan bulan Januari lalu yang terlaporkan ada 50 kasus.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved