Yogyakarta

BMKG Segera Tuntaskan Peralatan Mitigasi Bencana YIA

Saat ini di YIA telah terpasang windshear dan Automated Weather Observing System yang telah beroperasi untuk menunjang keselamatan penerbangan.

BMKG Segera Tuntaskan Peralatan Mitigasi Bencana YIA
istimewa
Penampakan terkini Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulonprogo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Pada akhir Maret 2020, Yogyakarta Internasional Airport (YIA) akan beroperasi secara penuh.

Hal tersebut membuat BMKG pusat melakukan peninjauan untuk mempersiapkan YIA dalam menghadapi potensi bencana gempa bumi dan tsunami, belum lama ini.

Berdasarkan keterangan tertulisnya, PTS General Manager YIA, Agus Pandu Purnama menjelaskan, ketika terjadi gempa bumi dan alarm waspada tsunami berbunyi, pintu-pintu di samping gedung akan dibuka supaya warga sekitar dapat segera naik ke Crisis Center. 

"Crisis Center juga dilengkapi dengan ramp untuk mempermudah akses naik bagi warga sekitar, terutama bagi penyandang disabilitas," ujarnya, Kamis (13/2/2020).

Jokowi Puji Kecepatan Penyelesaian YIA

Sejak awal pembangunan, jelasnya, Angkasa Pura I telah membahas risiko bencana gempa bumi dan tsunami dengan para pakar dan akademisi, serta tim ahli dari Jepang.

Selain itu, telah dilakukan beberapa kali Focus Group Discussion yang melibatkan banyak pihak terkait pembangunan bandara serta BMKG untuk membuat simulasi gempa dan tsunami di bandara baru tersebut. 

"Mitigasi gempa yang dilakukan yaitu dengan implementasi dalam desain struktur bangunan serta desain konstruksi dan signage didesain sedemikian rupa aman dari dampak gempa," ucapnya.

Konsep gedung terminalnya adalah green building dan dirancang tahan gempa dan tsunami sehingga keamanan penumpang terjaga melalui berbagai prosedur penyelamatan. 

"Fasilitas utilitas kelistrikan seperti trafo dan genset lebih banyak diletakkan di lantai 2 dengan ketinggian 15 meter dari permukaan laut sehingga siap untuk pemulihan operasi bandara pasca tsunami, sekaligus pada lantai 3 dengan ketinggian bangunan 21 meter sebagai area evakuasi sementara," ucapnya.

Super Gampang! Tutorial Make Up Khusus untuk Musim Hujan

Halaman
12
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved