Kota Yogyakarta

Soal Tiang Pemandu, Difabel Kerap Tidak Dilibatkan

Peristiwa tersebut hampir sama dengan temuan guiding block yang copot di kawasan pedestrian Suroto sebelum diresmikan beberapa waktu lalu.

Soal Tiang Pemandu, Difabel Kerap Tidak Dilibatkan
IST
Pekerja memperbaiki tiang yang didapati berkarat di area pedestrian Sudirman, Jumat (7/2/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Center for Improving Qualified Activity in Life of People with Disabilities (CIQAL) Yogyakarta mengaku prihatin dengan kondisi tiang pemandu disabilitas yang didapati telah berkarat di sekitar kawasan pedestrian Sudirman.

Peristiwa tersebut hampir sama dengan temuan guiding block yang copot di kawasan pedestrian Suroto sebelum diresmikan beberapa waktu lalu.

Tidak hanya pada guiding block, pihaknya juga mendapati tiang yang dipasang di sepanjang area pedestrian Suroto saat itu juga tidak memadai.

Lebar tiang yang cukup sempit memungkinkan pengguna jalan difabel yang menggunakan kursi roda tidak dapat melintas di kawasan itu.

"Akhirnya kemudian dibongkar dan disesuaikan dengan pengguna kursi roda. Jadinya kan menambah biaya lagi," jelas Direktur Eksekutif CIQAL, Nuning Suryatiningsih.

Baru Diresmikan, Tiang Pemandu Difabel Sudirman Sudah Berkarat

Nuning menyampaikan, meskipun sejumlah pembangunan infrastruktur telah memuat sarana aksesibilitas terhadap kaum difabel, namun menurut dia Pemkot masih cenderung abai dalam melibatkan kaum difabel pada setiap kebijakan pembangunan.

Sehingga, temuan-temuan serupa kerap didapati.

"Saya memang belum survei tapi memang sudah melihat. Suatu saat kita akan coba, tapi pelibatan difabel dalam hal ini sangat kurang," jelas dia.

Nuning menyampaikan, berdasarkan ketentuan tiang yang berdiri di sepanjang area itu juga tidak terlalu perlu.

Pemkot menyatakan keberadaan tiang tersebut difungsikan agar kendaraan tidak dapat melintas pada area pedestrian hingga menganggu dan berujung pada ketidaknyamanan pengguna jalan.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved