Kronologi Pembobolan Rekening Milik Ilham Bintang Lewat Sim Card yang Dicuri Orang Tak Dikenal

Seperti yang dialami wartawan senior Ihlam Bintang. Kartu SIM Indosat Ooredoo milik Ilham Bintang dicuri oleh orang tak dikenal.

Kronologi Pembobolan Rekening Milik Ilham Bintang Lewat Sim Card yang Dicuri Orang Tak Dikenal
Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Kronologi Pembobolan Rekening Milik Ilham Bintang Lewat Sim Card yang Dicuri Orang Tak Dikenal 

Kronologi Pembobolan Rekening Milik Ilham Bintang Lewat Sim Card yang Dicuri Orang Tak Dikenal

TRIBUNJOGJA.COM - Modus kejahatan pembobolan rekening maupun uang elektronik lain belakangan marak.

Bahkan meskipun bank kini telah menggunakan kode verifikasi (OTP) ke nomor ponsel yang didaftarkan, nyatanya pencurian semacam ini masih mungkin terjadi. 

Seperti yang dialami wartawan senior Ihlam Bintang. Kartu SIM Indosat Ooredoo milik Ilham Bintang dicuri oleh orang tak dikenal.

Tidak hanya mencuri kartu SIM, pelaku juga memanfaatkan kartu SIM tersebut untuk mengakses rekening bank milik Ilham, dan mentrasfernya ke hampir 100 rekening hanya dalam waktu sekitar tiga jam saja.

simcard
Ilustrasi simcard (nielsen.com)

Kepada KompasTekno, Ilham membeberkan rincian koronologinya.

Pada Sabtu, (4/1/2020), Ilham yang saat itu sedang berada di Sydney, Australia dan akan bertolak ke Melbourne, mendapati sinyal kartu Indosatnya berstatus "SOS" yang artinya kartu tidak dapat digunakan.

Padahal, dua hari sebelum berangkat ke Australia, ia telah membeli paket roaming yang seharusnya, kartu Indosatnya masih berfungsi di sana.

Pada mulanya, ia tidak berpikir ini adalah masalah serius, dan membeli kartu lokal untuk urusan komunikasi selama di Australia.

Namun, ia teringat, bahwa kartu SIM Indosatnya terhubung dengan sejumlah mobile banking dan internet banking, termasuk bank asal Australia, Commonwealth.

Halaman
1234
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved