Jawa

Bupati Klaten Boyong Layanan Publik Klaten Lebih Dekat dengan Rakyat

Bupati Klaten Sri Mulyani langsung tancap gas di awal 2020. Kunjungan kerja yang biasanya hanya diisi dialog dan pemberian bantuan, kali ini dikemas b

Bupati Klaten Boyong Layanan Publik Klaten Lebih Dekat dengan Rakyat
Dok Pemkab Klaten
Sambang Warga Bupati Klaten d Desa Sumberejo, Rabu (8/1/2020) memboyong layanan publik di Klaten, yakni matur dokter secara gratis, Dukcapil pelayanan gratis seperti perekaman E-KTP, Pembayaran PBB dari BPKD, Program Titip Bondoku dari kantor Arsip Klaten, Perizininan UMKM Online dan pemberian bantuan kepada masyarakat. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATENBupati Klaten Sri Mulyani langsung tancap gas di awal 2020. Kunjungan kerja yang biasanya hanya diisi dialog dan pemberian bantuan, kali ini dikemas berbeda.

Layanan publik yang ada di-boyong didekatkan dengan warga saat Bupati mengunjungi Desa Sumberejo, Klaten Selatan, Klaten di acara Sambang Warga, Rabu (8/1/2020).

Beberapa stand layanan disiapkan. Layanan kesehatan dari Rumah Sakit Daerah Bagas Waras dan konsultasi kesehatan Matur Dokter secara gratis buat warga.

Ada pameran UMKM lokal sampai bazar produk rakyat ikut dipamerkan.

Layanan Titip Bandaku sampai layanan KK, KTP, KIA sampai akte gratis juga ada.

Ditambah layanan perizinan on line, perpustakaan keliling, layanan KB sampai hiburan rakyat tarian dolanan menjadi suguhan bagi warga yang hadir

Patung Andong Jadi Daya Tarik Baru di Klaten Selatan

Warga pun tampak antusias. Hal itu seperti dirasakan Siti Jazilah (40) warga setempat.

“Sangat bersyukur ada acara ini bisa memamerkan UMKM yang dimiliki kecamatan Klaten Selatan seperti makanan dan produk karya yang dimiliki Klaten Selatan. Selain itu juga ada stand-stand dari kabupaten ada pelayanan kesehatan gratis tadi sangat bermanfaat. Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinas Dukcapil) juga ada seperti buat KTP gratis dan sehingga tidak harus jauh-jauh ke kantor. Ini membuat masyarakat mudah mencari surat-surat” kata Siti di sela-sela mengurus KTP-nya.

Layanan kependudukan menjadi stand yang paling ramai dikunjungi warga.

Di acara Sambang Warga ada 52 warga yang terlayani.

“Di acara ini kami membawa mobil pelayanan dari Dukcapil ini pertama kali dipakai oleh Dukcapil di Sambang Warga. Sebelumnya sudah mengkoordinasikan seluruh camat untuk memberitahu masyarakat agar menghadiri acara sambang warga ini dan mengurus surat-surat yang belum lengkap. Masyarakat sangat antusias membuat KIA, KK, Akte Kelahiran, Akta kematian, KTP atau perekaman e- KTP wajib yang belum,” terang Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Klaten Sri Hartanto.

Bupati Klaten Sambang Warga Perdana 2020 di Desa Sumberejo

Sambang warga kali ini Bupati berusaha membuat pelayanan masyarakat dekat dengan rakyat.

Selain itu juga memberikan bantuan kepada warga seperti traktor kepada Kelompok Tani Sidodadi untuk percepatan tanam desa Sumberejo, pompa air, alat budidaya ikan nila dan ikan hias, Program Kembang Tubuh Anak, Kartu Indonesia Sehat, Program Keluarga Harapan, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Kartu Jateng Sejahtera, Kartu Keluarga Sejahtera, Bupati mengingatkan aparatnya untuk lebih dekat dengan rakyat.

“Aparatur pemerintah saat ini dituntut untuk peka terhadap keluhan rakyat. Sudah selayaknya kepada aparatur daerah banyak menyambangi warga, berdialog dengan rakyat agar tidak ada lagi sekat antara pemimpin dan yang dipimpin,” pesan Sri Mulyani.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved