KA Bandara Adi Soemarmo Resmi Beroperasi : Tiket Gratis Hingga Februari 2020, Ini Rute dan Jadwalnya

Pengoperasian KA Bandara Adi Soemarmo ini ditandai dengan kegiatan soft launching KA Bandara Adi Soemarmo oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

KA Bandara Adi Soemarmo Resmi Beroperasi : Tiket Gratis Hingga Februari 2020, Ini Rute dan Jadwalnya
TRIBUNJOGJA.COM / Rento Ari Nugroho
Rangkaian KA Bandara produksi PT INKA Madiun ketika diujicoba melintasi wilayah Klaten. KA jenis ini akan dioperasikan sebagai KA Solo Ekspres yang akan melayani rute Solo-Kutoarjo mendampingi layanan KA Prambanan Ekspres 

TRIBUNJOGJA.COM - Destinasi Super Prioritas yaitu Yogya-Solo-Semarang segera terwujud. Pemerintah melaunching KA Bandara menghubungkan Adi Soemarmo dengan Stasiun Balapan PP.

Sebelumnya, sudah terhubung Skybridge Stasiun Balapan dengan Terminal Tirtonadi

Kereta api Bandara Adi Soemarmo Solo sudah beroperasi mulai Minggu (29/12/2019).

Pengoperasian KA Bandara Adi Soemarmo ini ditandai dengan kegiatan soft launching KA Bandara Adi Soemarmo oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dirut PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, dan Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menjajal kereta bandara, dari Stasiun Balapan Solo menuju Bandara Adi Soemarmo, Minggu (29/12).
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menjajal kereta bandara, dari Stasiun Balapan Solo menuju Bandara Adi Soemarmo, Minggu (29/12). (tribunjateng/yayan isro roziki )

Untuk tahap awal, rute kereta api tersebut adalah Bandara Adi Soemarmo menuju Stasiun Solo Balapan (pp) dengan jarak sejauh 12,9 km dan rata-rata waktu tempuh selama 20 menit.

Ke depannya, juga akan dibuka dua rute tambahan, yaitu rute Bandara Adi Soemarmo menuju Yogyakarta dan Kutoarjo.

Setelah dioperasikan hari ini, KA Bandara Adi Soemarmo masih dapat dinikmati secara cuma-cuma oleh pengguna jasa hingga Februari 2020 mendatang.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyatakan tarif kereta api ini gratis atau Rp 0 berlaku selama dua bulan. "Tarifnya Rp 0 selama dua bulan.

Sementara ini dua bulan dulu, setelahnya akan kita kaji lebih lanjut," ujar Budi.

Halaman
1234
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved