Kota Yogya

Hakim Tolak Eksepsi Tergugat, Sidang Sengketa 9 Atlet Kota Yogya Berlanjut

Sidang sengketa 9 atlet Kota Yogyakarta yang dinyatakan gagal lolos verifikasi Porda DIY 2019 lalu bakal berlanjut hingga mendapat putusan tetap.

TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Kuasa hukum penggugat, Bastari Ilyas dan Ketum KONI Kota Yogya, Tri Joko Susanto ditemui seusai persidangan di PN Kota Yogya, Kamis (21/11/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Sidang sengketa sembilan atlet Kota Yogyakarta yang dinyatakan gagal lolos verifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY 2019 lalu bakal terus berlanjut hingga mendapat putusan tetap.

Hal tersebut menyusul keputusan majelis hakim Pengadilan Negeri Kota Yogya yang menolak eksepsi yang diajukan tergugat dan turut tergugat, KONI DIY dan empat KONI Kabupaten se-DIY pada sidang di PN Kota Yogya, Kamis (21/11/2019).

Majelis hakim yang dipimpin Asep Permana pada agenda pembacaan putusan sela, memutuskan menolak eksepsi tergugat dan turut tergugat.

Atas penolakan tersebut, majelis hakim menilai PN Yogya berwenang untuk mengadili gugatan yang diajukan oleh para penggugat.

Agenda Pembacaan Putusan Sidang Sengketa 9 Atlet Kota Yogya Ditunda

Persidangan kemudian akan dilanjutkan 5 Desember 2019 mendatang dengan acara pembuktian.

Sedangkan beban biaya perkara akan ditetapkan pada saat putusan berakhir.

"Kasus terkait perkara serupa yakni kewenangan absolut pernah diputus oleh PN Tata Usaha Jakarta, sehingga kejadian tersebut menjadi salah satu pertimbangan majelis untuk memutus pada kasus ini," ujar Asep menjelaskan pertimbangan majelis hakim memutus untuk menolak eksepsi tergugat pada persidangan.

Selain itu, UU No 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional (SKN) juga menjadi dasar hukum dalam keputusan tersebut.

Mediasi Buntu, Sengketa 9 Atlet Kota Yogya Lanjut ke Persidangan

Dalam UU tersebut di pasal 88 ayat 3 tertulis, apabila penyelesaian sengketa sebagaimana dimaksud pada ayat 2 tidak tercapai, penyelesaian sengketa dapat dilakukan melalui pengadilan yang sesuai dengan yuridiksinya.

Kuasa hukum penggugat, Bastari Ilyas menilai apa yang menjadi keputusan majelis hakum telah sesuai harapannya.

Halaman
12
Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved