Yogyakarta

Dubes Rusia Kunjungi Museum Sandi

Museum Sandi merupakan bekas gedung bersejarah yang dulunya digunakan sebagai salah satu kantor terpadu pada zaman pemerintahan Hindia Belanda.

Dubes Rusia Kunjungi Museum Sandi
IST
Rombongan duta besar Rusia dan BSSN saat melakukan kunjungan ke Museum Sandi Kotabaru Yogyakarta, Kamis (8/11/2019) lalu 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Museum Sandi Kotabaru, Yogyakarta mendapat kunjungan spesial dari Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Ludmila G. Vorobieva pada Kamis (8/11/2019) lalu.

Kunjungan itu merupakan salah satu kegiatan kerjasama bilateral di bidang keamanan informasi internasional antara Republik Indonesia dan Rusia.

Ikut hadir pada kesempatan itu, Sekretaris Deputi Bidang Keamanan Rusia, Ovel Khramov serta Wakil BSSN Irjen Pol Drs. Dharma Pangrekun, MM, MH.

Museum Sandi Sajikan Jejak Perkembangan Dunia Intelejen Indonesia

Kepala Museum Sandi, Setyo Budi Prabowo menyampaikan rasa apresiasinya atas kunjungan delegasi Indonesia dan delegasi Rusia ke Museum Sandi.

Pihaknya berharap, ke depan Museum Sandi dapat melengkapi koleksi lain terkait dengan persandian, termasuk persandian dari Rusia karena hubungan Indonesia dengan Rusia sudah berlangsung sejak lama.

"Kunjungan ini bukti bahwa hubungan Indonesia dengan Rusia terkait dengan kerjasama persandian cukup erat," kata Setyo dalam rilisnya.

Adapun, kunjungan dimulai dengan jamuan minuman tradisional khas Yogyakarta dan berlangsung dengan hangat.

Kemudian rombongan diajak berkeliling seputar ruang pamer Museum Sandi dipandu oleh edukator Anugrah Krisnovandi dan dibuat cukup terkesima dengan koleksi museum tersebut.

“Koleksi benda-benda disini cukup representatif tentang persandian dari era kuno sampai era digital," kata Ovel Khramov.

Satu Dasawarsa Museum Sandi : Napak Tilas Sejarah Benteng Informasi RI

Setyo menambahkan, saat ini belum banyak negara yang memiliki museum kriptografi terutama yang dikelola oleh pemerintah dan Museum Sandi merupakan satu-satunya museum kriptografi yang terdapat di Asia.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved