Breaking News:

Pendidikan

MTs - Ma'had Berstandar Internasional

Langkah ini juga sebagai strategi dalam menyiapkan generasi unggul yang akan menjawab tantangan jaman akibat perkembangan informasi teknologi serta pe

Istimewa
Lembaga pendidikan MTs - Ma'had (Pesantren) melakukan standarisasi internasional terhadap sekolah Afkaruna Secondray - Mahad guna menyiapkan lulusan dengan kompetensi terbaik. Langkah ini juga sebagai strategi dalam menyiapkan generasi unggul yang akan menjawab tantangan jaman akibat perkembangan informasi teknologi serta pengaruh globalisasi. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Lembaga pendidikan MTs - Ma'had (Pesantren) melakukan standarisasi internasional terhadap sekolah Afkaruna Secondray - Mahad guna menyiapkan lulusan dengan kompetensi terbaik.

Langkah ini juga sebagai strategi dalam menyiapkan generasi unggul yang akan menjawab tantangan jaman akibat perkembangan informasi teknologi serta pengaruh globalisasi.

"Upaya ini juga kami tanamkan dalam visi kami yakni preparing students to become al-insaan al-kaamil and locally rooted global citizens," kata Ketua Yayasan Abdul Djalil Sibaweh yang juga founder Afkaaruna Islamic School, Samsul Ma’arif Mujiharto, Sabtu (26/10/2019).

25 Siswa MTs Ikuti Program Rehabilitasi Sosial Anak

Menurutnya, ma’had yang berlokasi di Jl. Kaliurang Km 12.5 ini santri akan dibekali dengan dua bekal sekaligus.

Kompetensi ilmu agama yang diajarkan dengan kurikulum dan metode pesantren.

Di Pesantren, materi pendidikan islam seperti Tauhid, Akhlaq, Fiqh bukan hanya diajarkan sebagai ilmu, namun juga dipraktekan sehingga menjadi amaliah sehari hari dan menjadi inspirasi perilaku santri yg mewujud dalam bentuk akhlaqul karimah.

Pendeknya Ilmu, Amal dan Akhlaq.

"Kita akan mengunakan literatur keislaman klasik yang mu'tabar di kalangan pesantren (Kitab Kuning), tentu saja santri akan dibekali ilmu alat atau ilmu gramatika Arab. Pada tahun pertama, santri diharapkan tuntas Nahwu sharaf (metode al-Miftah) dan praktek membaca kitab kuning dasar (metode Ibtida’i)," tambah praktisi pendidikan yang juga dosen di salah satu PTN terbesar ini.

113 SMP/MTs di Bantul Gelar Pemilos Serentak

Sementara kelas VIII dan IX akan diperkuat dengan kitab Nahwu yang lebih kompleks dan materi lain seperti hifdzul qur’an, al-ubudiyah al-yaumiyyah, al-muhadatsah al-yaumiyyah dan musyawarah ‘an al-mas’alah ad-diniyyah.

Spesifik hifdzul quran atau menghafal al quran akan menggunakan metode Al Azhar Mesir.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved