Kesehatan

Kenali Cyberchondria, Tindakan Diagnosis Kesehatan Diri Sendiri Melalui Internet

Cukup berbahaya efek dari diagnosis diri sendiri secara berlebihan, dimana orang tersebut justru akan merasa sakit yang dibuat-buat.

Kenali Cyberchondria, Tindakan Diagnosis Kesehatan Diri Sendiri Melalui Internet
ThehealthSite.com
ilustrasi Cyberchondria 

TRIBUNJOGJA.COM - Di era kemudahan informasi, membuat seseorang bisa mengakses apa saja yang dia inginkan, termasuk informasi mengenai kesehatan.

Akan tetapi, dibalik kemudahan tersebut juga membuat seseorang seringkali mendiagnosis diri sendiri alias self-diagnose.

Hal tersebut akan berakibat pada gangguan mental seseorang.

Didiagnosa Derita Kanker Darah Saat Hamil Empat Bulan, Wanita Ini Pilih Mempertahankan Bayinya

Dokter Kesehatan Jiwa RSUP Dr. Sardjito, Carla Raymondalexas Marchira mengungkapkan, saat ini muncul fenomena yang disebut Cyberchondria, yakni gejala dimana seseorang terlalu memikirkan kesehatan mereka dan mencoba mendiagnosisnya sendiri melalui internet. 

"Begitu mudahnya mendapat informasi pada era ini. Jangan membaca informasi sepotong-sepotong akan membuat over diagnosis," terangnya pada Jumat (11/10/2019).

Menurutnya, cukup berbahaya efek dari diagnosis diri sendiri secara berlebihan, dimana orang tersebut justru akan merasa sakit yang dibuat-buat dan memiliki gangguan kecemasan, sehingga ia merasa perlu diobati. 

Apa Itu Garam Pink Himalaya? Ini 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Carla menjelaskan, untuk bisa mendiagnosis sebuah penyakit tidak bisa dilakukan serta merta, ada jangka waktu serta kriteria yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

"Ada akibat lainnya, dimana seseorang tidak bisa tidur dan dada berdebar-debar. Lebih dari itu, seseorang dapat mengkonsumsi obat yang salah serta menyebarkan informasi yang tidak benar kepada orang lain," ungkapnya.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar membekali diri dengan pemahaman yang komprehensif tentang gangguan mental. 

Selain itu, ketika mengalami gangguan kesehatan disarankan bertemu langsung dengan ahlinya dan tidak serta-merta melakukan diagnosis terhadap diri sendiri. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved