Aksi Sosial Bantuan Air Bersih

MAN 3 Bantul Bantu Air Bersih di Desa Wuni Giricahyo Purwosari

Kekeringan yang melanda di wilayah Kabupaten Gunungkidul DIY memunculkan kepedulian berbagai elemen masyarakat, diantaranya Civitas MAN 3 Bantul.

MAN 3 Bantul Bantu Air Bersih di Desa Wuni Giricahyo Purwosari
ISTIMEWA
PEDULI SESAMA - Civitas MAN 3 Bantul menyalurkan bantuan air bersih di Desa Wuni Giricahyo, Purwosari Gunungkidul dan MTs PDHI Girikerto Panggang Gunungkidul, bulan lalu. 

TRIBUNJOGA.COM - Kekeringan yang tengah melanda warga di beberapa desa wilayah Gunungkidul mengakibatkan semakin langka dan bahkan tak ada lagi sumber mata air yang bisa dimanfaatkan warga desa.
Mata air yang sudah mulai mengering menjadikan beberapa warga desa semakin sulit mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hal inilah yang mendorong dan memicu kepedulian civitas MAN 3 Bantul untuk ikut membantu mereka dengan mendistribusikan air bersih sebanyak 15 truk tangki air dan 24 kardus mi instan di Desa Wuni Giricahyo, Purwosari Gunungkidul dan MTs PDHI Girikerto Panggang Gunungkidul serta lingkungan sekitarnya, Rabu (11/9) lalu.

Pendistribusian air bersih dipimpin Waka Bidang Humas, Samsul Anam MA, beserta staf serta diikuti guru-guru rumpun keagamaan MAN 3 Bantul dan perwakilan siswa. Menurut Anam, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kepada sesama dan juga menanamkan karakter peduli, serta senang berbagi kepada civitas madrasah.

“Pendistribusian air bersih ini bisa terlaksana atas dukungan seluruh civitas madrasah. Dengan menghimpun dana guru pegawai dan siswa, kami bisa merealisasikan program kepedulian ini dalam bentuk bantuan air bersih dan bahan makanan,” terang Anam.

Peneriamaan bantuan di Desa Wuni Giricahyo Purwosari Gunungkidul diwakili kepala dusun Wuni, Tim Tim Alif Wicaksono, di kantor dusun setempat. Dalam sambutan penerimaan, Alif menyampaikan terima kasih dan bersyukur atas bantuan yang diterimanya.

Alif mengatakan, bantuan nantinya akan dibagi ke masjid dan 4 RT yang ada di dusunnya. Sementara perwakilan takmir masjid An Nur yang mendapatkan bantuan air, Kamijan mengatakan, rasa syukur dan berterima kasih. “Di sini sudah tak ada air lagi, bahkan untuk membuat sumur pun sudah tak memungkinkan, mengingat konstruksi tanah semuanya berbentuk batuan dan sangat tinggi tempatnya,” ujarnya.

Dengan bantuan air tersebut, katanya, bisa meringankan kebutuhan jamaah yang memang selalu membeli air untuk keperluan ibadah. Sedangkan pendistribusian air di MTs PDHI Girikarto Panggang, MAN 3 Bantul membantu 5 tangki air.

Selain itu, MAN 3 Bantul juga menyumbangkan mi instan yang dibagikan kepada seluruh siswa dan masyarakat. Penerimaan di MTs diwakili guru IPA, Sudaryanto, yang juga alumni MAN 3 Bantul.  Daryanto, mewakili kepala madrasah menyampaikan, terima kasih dan berharap kerjasama akan terus berlanjut dalam bentuk kegiatan lainnya.

“Alhamdulillah, kami sangat terkesan dengan kepedulian MAN 3 Bantul ke madrasah kami. Semoga kedepannya bisa lebih terjalin silaturahim terlebih saya juga alumni MAN 3 Bantul,” ungkapnya saat memberi sambutan.

Saat pamitan, staf Humas, Wakija SPd berharap, bantuan air bersih bisa meringankan kebutuhan warga madrasah dan warga sekitar. “Kami berharap, warga yang tengah mendapat cobaan kesulitan dalam mendapatkan air bersih, tetap sabar dan semangat serta semakin meningkatkan iman dan takwa. Sebab, cobaan sejatinya untuk menguji keimanan dan ketakwaan yang akhirnya nanti akan dimuliakan tentunya,” ungkap Wakija. (*)

*Oleh Kholif Diniawati MPd BI, Staf Humas MAN 3 Bantul

Editor: Agus Wahyu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved