Kulon Progo

Pemkab Kulon Progo Ganjar Penghargaan untuk Pemerintah Desa

Ia berharap penghargaan ini bisa menjadi sistem evaluasi sehingga pemerintah desa tidak bekerja asal-asalan sekaligus memiliki target tersendiri.

Pemkab Kulon Progo Ganjar Penghargaan untuk Pemerintah Desa
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Sebanyak 54 desa di Kulon Progo diganjar penghargaan dari Pemerintah Kabupaten setempat atas upaya penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Penyerahan penghargaan dilakukan pada Rabu (11/9/2019) di Aula Adikarto.

Penghargaan ini diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (PMD Dalduk KB) Kulon Progo.

Kategori lombanya antara lain penuilaian penyelenggaraan pemerintah desa, lembaga kemasyarakatan desa, kependudukan, KB, dan pembangunan keluarga (KKBPK) serta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berprestasi.

Setiap 40 Detik, Satu Pemuda Tewas Akibat Bunuh Diri

Audiensi Pelaku Usaha Pantai Glagah dengan Pemkab Kulon Progo

Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB, Sudarmanto mengatakan penghargaan tersebut bertujuan untuk mendorong akuntabilitas tata kelola penyelenggaraan pemerintah desa.

Sehingga, terwujud pemerintah desa yang profesional, efisien dan efektif, terbuka, serta bertanggungjawab.

“Penghargaan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan panduan kepada pemerintah desa pada lembaga kemasyarakatan desa untuk mengetahui bagaimana progres untuk tata kelola masalah desa, progress kinerja BUMDes, dan progres LKD ke penyelenggara desa," ujar Sudarmanto dalam keterangannya.

Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo secara simbolik menyerahkan penghargaan tersebut.

Ia berharap penghargaan ini bisa menjadi sistem evaluasi sehingga pemerintah desa tidak bekerja asal-asalan sekaligus memiliki target tersendiri.

Krisis Air Bersih Meluas, BPBD Kulon Progo Usulkan Penetapan Status Tanggap Darurat Kekeringan

Adapun penerima penghargaan kategori penyelenggara pemerintah desa diantaranya Desa Jatirejo, Desa Banaran, dan Desa Sidomulyo.

Selanjutnya penerima penghargaan dengan kategori evaluasi dan penilaian terhadap capaian KKBPK diantaranya Desa Purwosari, Desa Temon Wetan, dan Desa Kebonharjo.

Kemudian penerima penghargaan BUMDes dengan kategori Best Practice dan Good Pratice yaitu Desa Ngentakrejo, Desa Bumirejo, dan Desa Bangun Cipto serta Desa Kaliagung dalam bidang kesehatan, Desa Ngentakrejo dalam bidang Aset Terbesar, Desa Jatirejo dalam bidang inovasi, dan Desa Sendangsari dalam bidang Public Trust.

Selanjutnya penghargaan lomba LKD dengan kategori lomba desa terbaik diantaranya Desa Ngargosari, Desa Banjararum, dan Desa Tirtorahayu. Kemudian kategori LPMD diantaranya desa Sidorejo, Desa Banjar Arum, dan Desa Salamrejo.

Lalu kategori desa siaga diantaranya Desa Hargomulyo, Desa Bumirejo, dan Desa Bojong.

Kemudian penghargaan lomba posyandu diantaranya Desa Giripurwo, Desa Bumirejo, dan Desa Sentolo. Selanjutnya dengan kategori PKK Wajib dimenangkan oleh Desa Gulurejo, Desa Sendangsari, dan Srikayangan.

Dan yang terakhir lomba PKK Pilihan diantaranya Desa Purwosari, Desa Wahyuharjo, Desa Ngargosari, dan Desa Tirtorahayu.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved