Sleman

Pemkab Sleman Tingkatkan Kualitas PAUD

Kabupaten Sleman berkomitmen untuk selalu meningkatkan kompetisi PAUD dan Pendidikan Masyarakat secara berkelanjutan.

Pemkab Sleman Tingkatkan Kualitas PAUD
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM - Kabupaten Sleman berkomitmen untuk selalu meningkatkan kompetisi PAUD dan Pendidikan Masyarakat secara berkelanjutan.

Tahun 2019, merupakan tahun perdana Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan Gelar Kreativitas Pendidik PAUD dan Pendidikan Masyarakat.

Beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilakukan seperti Gelar Kreatifitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan juga Gelar Kreativitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD.

Palette: Tips Merawat Wajah Saat Musim Panas

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Halim Sutono menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan untuk menumbuhkan, menggugah serta meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya PAUD.

Sedangkan bagi pendidik dan tenaga kependidikan, penyelenggaraan kegiatan gelar kreativitas tersebut juga bisa menjadi satu dari beberapa upaya dalam meningkatkan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan PAUD agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini.

Diterangkannya, saat ini Kabupaten Sleman memiliki 1.087 lembaga PAUD yang hampir seluruhnya dikelola oleh masyarakat. Lembaga tersebut terdiri dari 512 Taman Kanak-kanak (TK), 212 Kelompok Bermain (KB), 90 Taman Penitipan Anak (TPA), 273 Satuan PAUD Sejenis (SPS) dan di antaranya terdapat lima TK negeri.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun mengatakan bahwa tahun 2018 tercatat total anak didik usia dini di Sleman mencapai 9.763 siswa KB, 2.842 peserta didik TPA dan 20.523 peserta didik SPS.

SPS An Nurumi Raih 2 Penghargaan Lomba Inovasi PAUD Sleman

Menurutnya, jumlah warga belajar usia dini ini merupakan tantangan sekaligus peluang untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi mereka.

Ia menjelaskan, usia dini merupakan momentum paling krusial dalam pembentukan karakter dan kepribadian seseorang.

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa 50% kapabilitas kecerdasan orang dewasa telah mulai berkembang ketika anak berumur 4 tahun dan mencapai puncaknya pada saat anak berusia 18 tahun.

"Usia 0-6 tahun merupakan masa dimana otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi tanpa membedakan baik atau buruk. Masa ini perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak akan mulai terbentuk," jelasnya.

Sebanyak 17 Guru dan Tenaga Kependidikan DIY Akan Ikuti Lomba GTK PAUD dan DIKMAS

Maka dari itu, untuk mendukung daya kreativitas anak, menurutnya diperlukan peran orang tua sebagai orang terdekat.

Dirinya berharap orang tua juga dapat merangsang kreativitas anak dengan memberi kesempatan untuk menunjukkan ketertarikan dan bakat.

“Dengan demikian anak akan tampil optimal dan percaya diri akan kemampuannya,” tambahnya.

Ia pun berharap dengan kegiatan ini para pendidik dan tenaga kependidikan dapat terus melakukan inovasi dan pengembangan dalam pengajaran dan pelaksanaan tugas pendidik dan tenaga kependidikan.(*)

Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved