Nasional

Komisi V DPR RI Soroti Masalah Konektivitas Bandara YIA, Jangan Sampai YIA Bernasib Serupa Kertajati

Jangan sampai permasalahan serupa di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati terulang di bandara baru Yogyakarta ini.

Komisi V DPR RI Soroti Masalah Konektivitas Bandara YIA, Jangan Sampai YIA Bernasib Serupa Kertajati
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Rombongan Komisi V DPR RI berfoto bersama direksi PT Angkasa Pura I saat melakukang kunjungan kerja ke proyek pembangunan Bandara YIA di Temon, Kulon Progo, Senin (5/8). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia mendesak pemerintah segera menyiapkan infrastruktur konektivitas di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo.

Jangan sampai permasalahan serupa di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati terulang di bandara baru Yogyakarta ini.

Legislator menilai pembangunan konektivitas bandara baru ini sudah mendesak dilakukan.

Ini lantaran perkembangan pembangunan Bandara YIA sudah cukup jauh dan sedikit lagi rampung di akhir 2019 ini sesuai target yang dipasang PT Angkasa Pura I.

YIA Jangan Sampai Sepi Seperti Bandara Kertajati

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Sigit Sosiantomo mengatakan ada dua hal yang perlu dipersiapkan pemerintah untuk mendukung konektivitas Bandara YIA.

Yakni, konektivitas dan integrasi dengan moda transportasi lain yang ada serta penyiapan infrastruktur jalan.

Dari paparan pihak PT AP I, menurutnya pembangunan bandara sudah hampir rampung dan sekarang progresnya sudah sekitar 69 persen.

Namun, rupanya masalah konektivitas ini masih belum tertangani dengan baik.

"Kalau bandaranya sudah hampir selesai, menurut saya. Semoga rencana peresmian bandara di Juli 2020 bisa terlaksana dengan baik dan meningkatkan kunjungan wisata ke Yogyakarta serta memperlancar arus manusia dan barang. Yang ketinggalan ini konektivitasnya, jalan dan kereta api. Pembebasan lahan dan DED ( detailed engineering design) jalan tol dan kereta api belum ada,"kata Sigit seusai kunjungan kerja dan mendengar paparan pihak pelaksana proyek pembangunan YIA di Temon, Senin (5/8/2019).

Jelang Operasional Total Bandara YIA Kulonprogo, Flyover Segera Dibangun di Simpang Gerbang Utama

Ia menyebut, saat ini jarak yang harus ditempuh masyarakat caon pengguna jasa penerbangan di YIA cukup jauh dari pusat kota di Yogya menuju Kulon Progo dan waktu tempuhnya tak bisa dibilang sedikit.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved