Jelang Operasional Total Bandara YIA Kulonprogo, Flyover Segera Dibangun di Simpang Gerbang Utama

Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kabupaten Kulonprogo rencananya akan memulai operasional total akhir tahun ini

Jelang Operasional Total Bandara YIA Kulonprogo, Flyover Segera Dibangun di Simpang Gerbang Utama
TRIBUNJOGJA/SINGGIH WAHYU N
Suasana area gerbang utama beserta jalan penghubung di dalam kawasan Bandara YIA di Temon, Kulon Progo, Jumat (2/8/2019). 

Jelang operasional total Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo, sejumlah infrastruktur tambahan bakal dipersiapkan

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kabupaten Kulonprogo rencananya akan memulai operasional total mulai akhir 2019 ini.

Jelang operasional total tersebut, langkah penataan persimpangan jalan nasional di depan gerbang masuk bandara tersebut juga dinilai perlu dilakukan.

Hal ini untuk mencegah munculnya potensi kemacetan yang tak terhindarkan.

Aktivitas pekerja di proyek pembangunan Bandara YIA di Temon, Kulon Progo, Selasa (9/7/2019).
Aktivitas pekerja di proyek pembangunan Bandara YIA di Temon, Kulon Progo, Selasa (9/7/2019). (Tribunjogja.com | Singgih Wahyu)

Seperti diketahui, gerbang utama kawasan Bandara YIA langsung terhubung dengan jalan nasional Yogya-Purworejo yang lalu lintasnya cenderung padat melalui perlintasan sebidang.

Dengan proyeksi kapasitas penumpang hingga 14 juta orang per tahun di Bandara YIA, sangat dimungkinkan terjadi kepadatan lalu lintas cukup parah di persimpangan tersebut jika tak ada rekayasa arus maupun pembangunan infrastruktur konektivitas lain.

General Manager PT Angkasa Pura I Yogyakarta, Agus Pandu Purnama tak memungkiri potensi kepadatan lalu lintas di depan gerbang utama kawasan YIA itu.

Perlu Flyover di Depan Gerbang YIA untuk Cegah Potensi Kemacetan

Per Oktober 2019, 66 Penerbangan Domestik Luar Jawa Akan Dipindahkan ke YIA

Rute Penerbangan Luar Jawa di ADS Bakal Dipindah ke YIA

Maka itu, dalam perencanaan pembangunan infrastruktur konektivitas YIA, pihaknya juga merancang adanya flyover tepat di area persimpangan gerbang bandara dan jalan nasional tersebut.

Pihaknya sudah berkomunikasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait hal ini.

"Sekarang sudah ada belokan untuk masuk ke bandara. Namun, jalur masuk perlu diperlebar lagi dan flyover pasti ada di situ. Jadi, nanti penumpang dari jalan raya lewat flyover langsung masuk bandara. Karena tidak mungkin ada crossing (perlintasan). Hanya, waktunya (pembangunan flyover), kita masih komunikasikan dengan PUPR,"kata Pandu, Jumat (2/8/2019).

Aktivitas pekerja di proyek pembangunan Bandara YIA di Temon, Kulon Progo, Selasa (9/7/2019).
Aktivitas pekerja di proyek pembangunan Bandara YIA di Temon, Kulon Progo, Selasa (9/7/2019). (TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu)
Halaman
123
Penulis: ing
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved