Idul Adha

Keistimewaan Puasa Arafah Sehari Sebelum Idul Adha

Puasa sunnah bulan Dzulhijjah dilakukan dari 1 sampai 9 Dzulhijjah. Namun puasa sunnah yang utama dilakukan ketika puasa Arafah (9 Dzulhijjah).

Keistimewaan Puasa Arafah Sehari Sebelum Idul Adha
Website qamarislamkhan.com
Website qamarislamkhan.com, Keutamaan puasa Arafah Sehari Sebelum Idul Adha 

TRIBUNJOGJA.COM - Bulan Dzulhijjah punya banyak keutamaan. Tanggal 10 Dzulhijjah adalah hari dimana umat Islam melakukan ibadah penyembelihan hewan kurban.

Bertepatan dengan hari tersebut umat muslim yang melaksanakan haji melakukan wukuf Arafah pada 9 dan 10 Dzulhijjah 1440 H.

Dikutip dari Tribunnews.com, penetapan awal bulan awal bulan Dzulhijjah 1440 H penting karena saling berhubungan dengan jadwal wukuf dan jemaah haji saat di Makkah.

Disunnahkan pada awal bulan Dzulhijjah untuk melakukan puasa sunnah. Puasa sunnah dilakukan dari 1 sampai 9 Dzulhijjah. Namun puasa sunnah yang utama dilakukan ketika puasa Arafah (9 Dzulhijjah).

Adapun dalil yang menunjukkan keistimewaan berpuasa di awal Dzulhijjah, karena dulu dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dikutip dari Rumaysho.com, diceritakan dari Hunaidah bin Khalid, dari istrinya, beberapa istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ

Artinya : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram),
berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis.”
(HR. Abu Daud no. 2437 dan An-Nasa’i no. 2374. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Sahabat nabi yang mempraktikkan puasa selama sembilan hari awal Dzulhijah adalah Ibnu Umar. Ulama yang lain adalah Al-Hasan Al-Bashri, Ibnu Sirin dan Qotadah menyebutkan keutamaan berpuasa. (Latho’if Al-Ma’arif, hlm. 459)

Lafadz Doa Niat Puasa Arafah dan Artinya

Bacaan Niat Puasa Arafah 9 Dzulhijjah dan Keutamaan Bagi yang Menjalankannya

Catat, Hari Tasyrik 11-13 Dzulhijjah Setelah Idul Adha Haram untuk Berpuasa

Jangan Dilewatkan 3 Puasa Sunah dengan Pahala Besar Jelang Idul Adha

Sedangkan ada riwayat lain yang menyebutkan Nabi Muhammad S.A.W tidak melaukan puasa dibulan Dzulhijjah. Riwayat tersebut dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha,

مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- صَائِمًا فِى الْعَشْرِ قَطُّ

Artinya : “Aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa pada sepuluh hari bulan Dzulhijah sama sekali.” (HR. Muslim no. 1176)

Dalam riwayat diatas dijelaskan bahwa Nabi Muhammad S.A.W tidak pernah meninggalkan puasa pada sembilan hari awal Dzulhijah.

Beberapa ulama menjelaskan jika ada pertentangan perkataan ‘Aisyah yang menyatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah berpuasa sembilan hari Dzulhijah.

Perkataan Hafshqh yang menyatakan bahwa beliau malah tidak pernah meninggalkan puasa sembilan hari Dzulhijah, maka yang dimenangkan adalah perkataan yang menetapkan adanya puasa sembilan hari Dzulhijah. (Tribunjogja.com | Dwi Latifatul Fajri)

Penulis: Dwi Latifatul Fajri
Editor: Iwan Al Khasni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved