Pendidikan

Kedai Kiwae, Foodstartup Ciptaan Mahasiswa UGM yang Masuk 10 Besar Indonesia 2018

Dalam setahun berdirinya usaha ini sudah punya penghargaan, satu di antaranya juara 2 Kompetisi Mahasiswa Indonesia oleh Ristekdikti tingkat Nasional.

Kedai Kiwae, Foodstartup Ciptaan Mahasiswa UGM yang Masuk 10 Besar Indonesia 2018
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Kedai Kiwae, Foodstartup Ciptaan Mahasiswa UGM yang Masuk 10 Besar Indonesia 2018 

TRIBUNJOGJA.COM - Indonesia memiliki banyak potensi kuliner yang bisa dikembangkan, selain itu masyarakat yang cenderung konsumtif, juga bisa dijadikan peluang usaha makanan.

Melihat hal tersebut, Latifriansyah Usman Ali yang merupakan owner sekaligus mahasiswa UGM membuat usaha Kedai Kiwae yang memiliki menu andalan Chicken Cheetos “Chikitos”.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, Kedai Kiwae sendiri berlokasi di Jalan Agro nomor 3, Catur Tunggal, Depok, Sleman atau di seberang Kampus Prodi Perikanan UGM.

Sedangkan Chicken Cheetos sendiri merupakan potongan ayam yang dibalur dengan remahan Cheetos yang memberikan sensasi berbeda dengan ayam goreng lainnya.

Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulit Wajah

Latif menyampaikan, usaha kedai yang dimilikinya tersebut bermula pada tahun 2014, saat itu dia memiliki modal 500 ribu hasil dari memulung, serabutan, jual minuman coklat.

Pada tahun 2017 dia mulai berjualan sate taichan, ikut even ke even, buka food court, dan membuka buka resto pertama.

Pada tahun 2019 ini, dia mulai membuat ayam cheetos dan sate taichan yang beromset sekitar Rp 80 juta per bulannya.

"2020 akan bertambah menjadi 10 cabang. Target omzet Rp 1 miliar per bulan dan ingin membangun kantor marketing. Memilih membuat brand ini juga saya melihat kebanyakan brand yang ada di Indonesia itu dari luar," ungkapnya.

Latif mengungkapkan dalam satu tahun berdirinya usaha ini sudah memiliki banyak penghargaan, satu di antaranya menjadi juara 2 Kompetisi Mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan Ristekdikti tingkat Nasional.

Unik, Ini Cara AL-Production Karya Mahasiswa UGM Ubah Plastik Jadi Bahan Bakar

Bahkan dia berhasil menjadi mahasiswa pertama yang bisa masuk 10 besar Foodstartup Indonesia 2018 dengan pesaing pebisnis kuliner dengan brand yang sudah besar seperti Coklat Ndalem, Momo Ice Cream, dan Tempe Krezi.

Latif menerangkan jika dirinya sangat optimis ke depan lebih bisa mengembangkan usahanya, dimana dia melihat bahwa saat ini Chicken Cheetos menjadi menu baru yang digandrungi masyarakat terutama kaum milenial.

Chicken Cheetos sendiri tersedia dalam dua varian rasa yaitu original dengan cita rasa Cheetos dan Cheetos flamin hot dari level 1-5, yang terbagi dalam beberapa paket menu ayam goreng dengan harga jual mulai dari Rp 12 ribu - Rp 89 ribu.

Selain Kedai Kiwae Latif juga menjalankan katering dalam kedainya dengan beragam menu mulai Rp 12 ribuan. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved