Anak Berkebutuhan Khusus Terkendala Mendaftar Sekolah pada Proses PPDB

Dwi mengaku anaknya telah pasrah jika tidak bisa bersekolah di SMP Negeri di Kota Yogyakarta

Anak Berkebutuhan Khusus Terkendala Mendaftar Sekolah pada Proses PPDB
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Beberapa orangtua Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) saat menyampaikan keluhannya di Kantor Komite Disabilitas DIY, Selasa (2/7/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dwi Handayani (51) warga Kelurahan Condongcatur, Depok, Sleman bersama beberapa orangtua siswa lainnya mendatangi Kantor Komite Disabilitas DIY pada Selasa (2/7/2019).

Kedatangannya tersebut untuk mengadu lantaran anak berkebutuhan khusus (ABK) kesulitan untuk mendaftar sekolah pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 jenjang SMP.

Dwi mengatakan dirinya belum mendapatkan informasi dari sekolahnya, yakni SLB Karnnamanohara, maupun Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota terkait SMP Negeri mana saja di DIY yang dapat menerima siswa ABK.

"Tidak ada keterangan yang jelas walaupun kepala sekolah sudah bilang kalau nantinya akan mendapatkan daftar dari Dinas Pendidikan sekolah mana saja yang ada inklusinya," ujarnya.

Sekitar sembilan bulan sebelum PPDB berlangsung, Dwi telah mencari informasi tersebut ke Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kulon Progo.

Ia mendatangi Disdikpora Kulon Progo lantaran alamat pada KK berada di Kulur, Temon, Kulon Progo sementara ia saat ini tinggal di Kelurahan Condongcatur.

"Saya ke Disdikpora Kulon Progo, dari Dinas mengatakan sekolah di Kulon Progo tidak ada yang bisa menerima disabilitas tunarungu kalau disabilitas lain bisa, karena gurunya belum siap," ujarnya.

Setelah itu, Dwi mendatangi Disdikpora DIY dan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta untuk mencari informasi terkait PPDB maupun SMP Negeri yang dapat menampung siswa ABK.

"Saya tanya kalau Kartu Keluarga (KK) luar Kota Yogyakarta apakah bisa daftar ke Kota Yogyakarta, katanya belum tahu aturan terbarunya. Maksud saya kalau memang tidak bisa, apakah harus pindah KK dulu agar anak bisa sekolah (di Kota Yogyakakrta)," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved