Kulon Progo

Pembangunan Jalur Kereta Bandara, Hasto Pastikan Tidak Ada Penolakan Warga

Opsi pemberian kompensasi secara penuh jadi pilihan utama bagi warga terdampak ketimbang memfasilitasi relokasinya.

Pembangunan Jalur Kereta Bandara, Hasto Pastikan Tidak Ada Penolakan Warga
Istimewa
Kondisi Stasiun Kedundang, Kecamatan Temon pada Senin (17/6/2019). Jalur khusus kereta api menuju bandara YIA rencananya akan dibangun dari titik stasiun ini. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo memastikan tidak ada gejolak masyarakat terkait rencana pembangunan jalur kereta api menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon.

Opsi pemberian kompensasi secara penuh jadi pilihan utama bagi warga terdampak ketimbang memfasilitasi relokasinya.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengatakan bahwa kajian analisis dampak lingkungan (amdal) dan Izin Penetapan Lokasi (IPL) jalur kereta bandara itu sudah clear dan ditandatangani Gubernur DIY.

Sebelumnya, tahapan sosialisasi dan konsultasi publik juga telah dilakukan kepada warga di area terdampak secara lancar.

Setelah terbitnya IPL, tim penaksir (appraisal) independen akan turun ke lapangan untuk mengkaji harga lahan dalam tahap pengadaan tanah.

Sultan Sudah Tandatangani Dokumen IPL

"Nanti akan membebaskan tanah sepanjang lima kilometer dari Kedundang ke bandara. Prosesnya sudah kita cicil dengan persuasi ke warga. Insya Allah, 99 persen tidak ada penolakan," jelas Hasto, Senin (17/6/2019).

Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (PTR) Kulon Progo mencatat rencana awal pembangunan jalur KA menuju YIA itu akan melalui empat desa.

Yakni, Kedundang, Kaligintung, Kalidengen, dan Glagah.

Lahan yang dibutuhkan mencapai sekitar 10 hektare untuk jalur rel ganda dari Stasiun Kedundang menuju area bandara.

Hasto menyebut, sebagian besar tanah yang akan digunakan merupakan lahan sawah sedangkan jumlah rumah yang turut terdampak kurang dari 20 unit.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved