Mudik Lebaran 2019

Puncak Arus Mudik di Terminal Jombor Diprediksi pada H-3 Lebaran

Memasuki H-5 Lebaran, Terminal Jombor mulai dipadati oleh para penumpang bus pada Jumat (31/5/2019) siang.

Puncak Arus Mudik di Terminal Jombor Diprediksi pada H-3 Lebaran
Tribun Jogja/Noristera Pawestri
Sejumlah penumpang tengah memasuki bus Antar Kota Antar Provinsi di Terminal Jombor. Puncak arus mudik di Terminal Jombor diperkirakan terjadi pada H-3 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Memasuki H-5 Lebaran, Terminal Jombor mulai dipadati oleh para penumpang bus pada Jumat (31/5/2019) siang.

Hal ini terlihat dari total jumlah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) pada H-6 atau Kamis (30/5/2019) mencapai 2506 penumpang yang tiba dan berangkat dengan 243 bus.

Rinciannya, pada Kamis (30/5/2019) kemarin terdapat 684 penumpang yang tiba di Terminal Jombor dengan 80 bus.

Sedangkan jumlah penumpang bus yang berangkat dari Terminal Jombor yakni sebanyak 1822 penumpang dengan 163 bus.

Viral Harga Tiket Pesawat Bandung-Medan Rp21 Juta, Ini Penjelasan Traveloka

Staff Balai Pengelolan Terminal dan Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, Siswaka menuturkan, peningkatan jumlah penumpang bus di Terminal Jombor terjadi sejak H-8 lebaran atau Selasa (28/5/2019).

"Untuk penyeberangan seperti ke Sumatera itu jumlah penumpang meningkat sejak H-8. Jadi sejak 27-28 Mei itu penumpang sudah mengalami peningkatan," ujarnya.

Ia mengatakan, jumlah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) pada H-8 atau Selasa (28/5/2019) mencapai 2502 penumpang yang tiba maupun penumpang yang berangkat dengan 252 bus.

Selain itu, untuk jumlah penumpang maupun bus keberangkatan arah Sumatera juga mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan arus mudik lebaran tahun lalu.

Momen Libur Lebaran, Dinas Pariwisata Sleman Siapkan 5 Kawasan Destinasi Kuliner

Lanjutnya, puncak arus mudik lebaran 2019 di Terminal Jombor diprediksi akan terjadi pada H-3 lebaran atau Minggu (2/6/2019) besok.

"Sabtu dan Minggu besok diperkirakan baru ada pergerakan untuk para pemudik dengan tujuan seperti Jakarta, Bandung. Puncak arus mudik diprediksi pada H-3. Kalau pemudik tujuan Sumatera itu sudah sejak H-8 kemarin," kata dia.

Sementara itu, salah seorang pemudik asal Lampung, Denta Nurardian mengaku sudah membeli tiket bus sejak awal Mei lalu.

"Rencana pulang 29-30 Mei, tapi sudah kehabisan tiket bus dan dapatnya hari ini. Memang sudah sering pulang naik bus kalau libur kuliah. Naik bus sampai Bandar Lampung, lalu naik travel," tutur mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta ini. (Tribunjogja I Noristera Pawestri)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved