Breaking News:

Yogyakarta

Turun 19,7% dari Tahun 2018, AP 1 Yogyakarta Prediksi Puncak Mudik di H-5 Lebaran

General Manager PT AP 1 Yogyakarta Agus Pandu Purnama memperkirakan puncak arus mudik pengguna jasa udara baru akan terlihat pada H-5 Lebaran.

TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Aktivitas di Apron Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - General Manager PT AP 1 Yogyakarta Agus Pandu Purnama memperkirakan puncak arus mudik pengguna jasa udara baru akan terlihat pada H-5 Lebaran.

Pada waktu tersebut, Pandu memperkirakan akan ada 22,987 pengguna jasa udara yang melalui Bandara Adisutjipto dan Yogyakarta International Airport (YIA).

"Prediksi tersebut turun dari puncak mudik 2018 sebesar 19,7 persen, di mana sebelumnya tercatat ada 28 ribu penumpang," ujarnya usai Apel Pembukaan Posko Lebaran di Lapangan NDB AP 1 Yogyakarta, Selasa (28/05/2019) sore.

Polresta Yogyakarta Dirikan 7 Posko Lebaran

Pandu juga menyebut penurunan juga diprediksi akan terjadi saat arus balik di H+5 Lebaran.

Diperkirakan akan ada 23,336 penumpang di hari tersebut, berbeda dengan Lebaran sebelumnya yang mencapai 29 ribu penumpang.

Ia beralasan banyaknya alternatif transportasi menjadi penyebab turunnya jumlah penumpang.

Penurunan sendiri sudah terjadi sejak Januari lalu, di mana hingga April penurunan penumpang rata-rata mencapai 40 persen per harinya.

Meksipun ada penurunan, jumlah penerbangan tambahan atau extra flight justru bertambah dari 22 menjadi 29 slot yang telah disetujui.

"Ada 5 maskapai yang sudah disetujui untuk extra flight yaitu Lion Air, Sriwijaya Air, Express Air, Air Asia, dan Garuda Indonesia," kata Pandu.

Batik Air Buka Slot Penerbangan Baru di Bandara YIA Kulonprogo, Inilah Rute dan Jadwalnya

Halaman
12
Penulis: Alexander Aprita
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved