Gunungkidul

Ajarkan Budi Pekerti Kepada Anak Lewat Dongeng

Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul menggelar pelatihan mendongeng kepada guru TK, PAUD dan pengelola desa budaya.

Ajarkan Budi Pekerti Kepada Anak Lewat Dongeng
Tribun Jogja/ Wisang Seto Pangaribowo
Guru TK di Gunungkidul saat mengikuti pelatihan mendongeng, senin (29/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul menggelar pelatihan mendongeng kepada guru TK, PAUD dan pengelola desa budaya, Senin (29/4/2019).

Kegiatan ini digelar sebagai upaya untuk menanamkan nilai budi pekerti kepada para siswa melalui dongeng yang disampaikan oleh para guru.

Menurut Kepala Bidang Sejarah, Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Sigit Pramudiyanto pelatihan ini digelar sebagai upaya untuk menanamkan budi pekerti kepada anak-anak.

Harapannya, para orangtua nantinya satu frekuensi dengan anak sehingga pesan-pesan yang disampaikan melalui dongeng dapat diterima.

Demi Kesehatan Keluarga, Anak Diajak Untuk Menegur Orangtuanya yang Merokok

Kisah Tukang Sol Sepatu Asal Gunungkidul yang Gagal jadi Anggota DPRD, Kalah Dengan Serangan Fajar

"Setelah didongengi nanti dapat dikembalikan lagi ke anak, misalnya anak diberikan pertanyaan. Misalnya dongeng kancil nyolong timun, mengapa timun akan di colong (curi) oleh kancil karena timun besar-besar, kenapa kok bisa besar-besar timun dirawat oleh petani dipupuk, sirami dan sebagainya. Penjelasan tersebut bisa diajarkan ke anak kalau ingin berprestasi di sekolah harus belajar dengan tekun," katanya.

Menurutnya selain memudahkan untuk menanaman budi pekerti kepada anak-anak, dongeng sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat Gunungkidul maka dari itu perlu adanya gerakan untuk melestarikan dongeng di kalangan masyarakat.

"Dongeng juga untuk mengurangi anak-anak bermain gadget atau HP, dengan cara diceritakan seperti itu dapat merangsang anak untuk berimajinasi," imbuhnya. (tribunjogja I Wisang Seto Pangaribowo)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved