Lansia Tangguh di Lereng Merapi, Pikul Beban Puluhan Kilogram Meniti Jalur Terjal Berkelok

Mbah Prono Tukinem namanya. Ia warga Dusun Balerante, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang. Dusun ini letaknya di sisi tenggara Gunung Merapi

Lansia Tangguh di Lereng Merapi, Pikul Beban Puluhan Kilogram Meniti Jalur Terjal Berkelok
TRIBUNJOGJA.com | Setya Krisna Sumarga
Mbah Prono Tukinem namanya. Ia warga Dusun Balerante, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang. Dusun ini letaknya di sisi tenggara Gunung Merapi. 

Kaki-kaki Kokoh Mbah Prono Tukinem dari Lereng Gunung Merapi

LANGKAH kaki-kaki mungil itu tampak ringan. Beralas sandal jepit, perempuan berkerudung merah marun itu meniti turunan jalan setapak menuju dasar Kali Talang, Jumat (8/3/2019) pagi.

Mbah Prono Tukinem namanya. Ia warga Dusun Balerante, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang. Dusun ini letaknya di sisi tenggara Gunung Merapi.

Jarak dari puncak ke dusun ini sekitar 4,5 kilometer. Hawa terasa sejuk, sinar matahari di langit timur masih tertahan awan.

Puncak Gunung Merapi di utara sangat jelas dan tampak garang membuka mulut kawahnya ke selatan. Pagi itu Mbah Prono bergegas ke kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merapi.

Mbah Prono menjalani aktivitasnya sehari-hari dengan mencari rumput di lereng merapi
Mbah Prono menjalani aktivitasnya sehari-hari dengan mencari rumput di lereng merapi (TRIBUNJOGJA.com | Setya Krisna Sumarga)

Tangan kanannya menggenggam sabit tajam, tangan kirinya menenteng tali panjang plastik (tali tampar). Selendang melingkar di bahunya.

“Mugut Mas, ke atas sana,” kata Mbah Prono kepada Tribunjogja.com.

“Saya ikut naik ya Mbah?” “Lha apa tidak capek,” tanyanya balik. Dialog singkat berujung langkah-langkah kecil menuruni lereng menuju dasar Kali Talang.

Kali Talang ini anak sungai yang ujungnya bertemu aliran Kali Woro di sebelah timur Dusun Balerante. Disebut Kali Talang karena di sungai itu ada jeram dalam memanjang berbentuk seperti talang air.

Nenek di Lereng Merapi, Meniti Ribuan Anak Tangga Sambil Pikul Tumpukan Jerami

Menuju lahan rumput yang hendak dipanen Mbah Prono, memang harus menyeberangi aliran Kali Talang. Kebetulan aliran saat itu kering kerontang. Dari jejaknya, banjir besar pernah terjadi di aliran sungai ini.

Halaman
1234
Penulis: xna
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved